Truk Banua Mace Pace Milik Satgas Yonif 623 Manfaatkan Balai Pertemuan Warga Papua


Maybrat. Media Dinamika Global. Id.– setelah sekian lama fakum akibat situasi yang tak menentu di daerah konflik, kini satgas pamtas kewilayahan Yonif 623/BWU kembali menjalankan Program Teritorial unggulan Truk Banua Mace Pace (Masyarakat Cerdas Papua Ceria) di Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 623/BWU, Letkol Inf Dimas Yamma Putra dalam keterangannya di Distrik AIfat Utara, Kabupaten Maybrat. Papua Barat Daya, Sabtu (03/02/2024).

Diungkapkan Dansatgas, kali ini Program Teritorial unggulan Truk Banua Mace Pace (Masyarakat Cerdas Papua Ceria) tampil sedikit berbeda karena biasanya menggunakan Truk Dinas yang di pasang tenda kini dialihkan ke balai pertemuan agar anak-anak terlindung dari sinar matahari, sehingga lebih fokus dalam belajar. 

Melihat Truk Mace Pace milik Satgas Yonif 623/BWU hadir di Kampung Yarat antusias anak-anak dan warga langsung datang menyerbu untuk mendapatkan bimbingan belajar serta pelayanan kesehatan secara gratis.

Personel yang terlibat sebagai tenaga pendidik adalah personel dari Pos Kotis Kumurkek yaitu Sertu Arwin dan Praka Aji Gusti. Pemberian materi oleh tenaga pendidik disesuaikan dengan tingkat kelas mereka waktu masih sekolah dengan cara pembimbingan masing-masing anak per tingkat kelas.

Sertu Arwin mengungkapkan rasa bangganya kepada anak-anak didiknya. Tak jarang di antara mereka meminta pengajar untuk menambah jam belajar. “Melihat antusiasme mereka, kami pun makin termotivasi menambah materi pelajaran yang diselingi dengan permainan agar mereka tidak jenuh,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, tak hanya belajar bersama dilaksanakan di balai pertemuan juga menggelar pelayanan kesehatan bagi warga yang ingin berobat. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan konsisteni Satgas untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di tempat penugasan khususnya warga di Papua,” kata Letkol Inf Dimas.

Terlihat banyak warga yang datang ikut serta dalam pengobatan yang dilakukan, dengan berbagai macam keluhan diantaranya, batuk, flu, demam, dan luka.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kampung Yarat Maximus Bame mengucapkan terimakasih banyak dengan terlaksanakannya kegiatan pelayanan kesehatan dan pembelajaran kepada anak-anak Kampung Yarat Distrik Aifat Utara Kab. Maybrat. 

“Dirinya merasa senang dengan kegiatan pengobatan massal yang dilakukan oleh prajurit Satgas, sehingga dapat secara langsung menangani masalah kesehatan warganya,” tuturnya. (Yonif 623/BWU)

Load disqus comments

0 comments