Ketua Umum Bapeka NTB Menyoroti Dana Bos, BOP Dan Hibah Puluhan Miliar Di Dikpora Dompu, Pucuk Pimpinan Saling Lempar Ke Operator


Dompu, Media Dinamika Global Id ~ Ketua Umum LSM BAPEKA NTB TASRIF SH mengatakan, selama kami melakukan Observasi dan  investigasi menyeluruh di lapangan berbagai macam model cara untuk Mendapatkan keuntungan pribadi oleh Oknum-oknum dibawah Naungan Dinas Pendidikan Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Dompu.

Sebagaimana diketahui bahwa LSM BAPEKA NTB yang telah terdaftar di : Akta notaris : Np. 17. Tanggal 17 April 2012 Notaris SUDARMAN SH M.Kn. NPWP : 84. 220. 361. 0 - 912. 000. 

SK. KEMENKUMHAM RI. NOMOR AHU - 785. AH. 02. 01 Tahun 2010 Tanggal 31 Maret 2010. KEP. KBPN RI Nomor : 109/ KEP - 17.3/ lll /2011 : Tanggal 21 Maret 2011.

Mengingat temuan kami Untuk kelanjutan meminta kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Dompu dapat menyediakan Data mulai dari Data Siswa-Siswi sampai Dana BOP dan BOS serta BOS Pusat yang mencapai angka Puluhan Miliar. 

Dalam hal ini kami berhak untuk mendapatkan informasi sesuai dengan UU KIP Nomor : 14 Tahun 2008 seandainya hal ini tidak di indahkan maka kami akan merujuk pada pasal 52 sebagai acuan untuk pelaporan.

Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Merujuk pada Alokasi APBD Tahun Anggaran 2023 dengan Nomor seri 34349685 dan Nomor seri 34349709 kuat dugaan kami Data Dapodik untuk Data Sekolah Kabupaten Dompu di 8 Wilayah Kecamatan untuk TK , KB, TPA, SPS Sementara PKBM, SKB dan SD, Serta SMP di tambah dengan SLB sehingga keseluruhan Sekolah. Diduga Banyak yang Fiktif.

Dalam hal ini dapat kita kaitkan dengan UU Nomor : 31 Tahun 1999 Jo. UU Nomor : 20 Tahun 2002 Tentang Tindak Pidana Korupsi pada pasal 8,9 dan pasal 10 huruf a,b dan c perbuatan melawan Hukum/ penyalahgunaan wewenang jabatan dan tentang perbuatan curang. Ungkap Ketua BAPEKA NTB Tasrif SH 

Maka dalam hal ini kami meminta kepada Dikpora Kab. Dompu untuk dapat mengakses data / informasi yang kami minta.

Seandainya hal ini tidak mengindahkan permintaan kami maka kami akan melaporkan secara Resmi Kepada pihak Kejati NTB dalam waktu dekat. 

Karena menurut kami hal ini sangat bertentangan dengan perundang undangan yang berlaku. Pungkasnya Tasrif SH

Demi keseimbangan pemberitaan Media ini, melakukan klarifikasi kepada kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Dompu di ruangan bapak 

KLDI : Kabupaten Dompu. Satuan Kerja : Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu. Nama PA/KPA : Drs. H. Rifaid., M.Pd. Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 17 Bada - Dompu Email : diknas_dompu@yahoo. co. id 

Adapun tanggapan Kepala Dinas sebagai PA/KPA, dirinya tidak tahu apa-apa tentang bantuan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan BOP serta Dana Hibah KONI juga Hibah yang lain. Diduga Sekitar 60 lebih Miliar 

Kadis menyebutkan, tanyakan pada sekertaris dan Kabid Dikdas yang tahu semua itu di masing-masing bidang. Ungkap Kadis Drs. H. Rifaid., M.Pd.

Kemudian sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) sekertaris. Persoalan terkait anggaran tahun 2023 dirinya baru dilantik menjadi Sekdis. Jadi tidak tahu silahkan ke Dikdas. Ucap singkat nya.

Selanjutnya dikemudian hari, Kabid Dikdas. Mengatakan, di bidang Dikdas tidak memiliki program pada anggaran tahun 2023. 

Terkait dana Bos SD dan SMP itu di bagian sekertaris yang mengelolanya. Hibah KONI yang tahu adalah Kabid Olahraga. Paud, TK, KB. TPA. SPS. PKBM. SKB. SLB. di Kabid Paud.

Dana Bos SD SMP Kab. Dompu, Kadis ke Sekertaris di Kabid Dikdas Tapi Tidak Tau, Akhirnya Operator

https://youtu.be/hru6zC701a8 Tanggapan Kabid Dikdas dan Operator 

Kabid Paud yang biasa disapa Pak Sadik saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp pribadinya terkait Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Belanja Hibah Jasa kepada Badan dan Lembaga yang Bersifat Nirlaba, Sukarela dan Sosial yang Dibentuk Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan BOP PAUD serta yang lainnya. Berapa jumlah Anggarannya dan Paud yang Aktif

Begitupun dana BOP PKBM, dan Berapa jumlah Anggaran dan berapa PKBM yang aktif di Kabupaten Dompu.

[26/1 14.31] Aryadin Pimred MDG, TUJ, dan MDN: Agar pemberitaan Media kami seimbang pemberitaan nya. Berharap Kepada Pak Kabid bisa menanggapi pertanyaan tersebut diatas

[26/1 16.04] Pak Sadik Kabid PKBM dan TK Paud Dompu: dirinya meminta Maaf. Saya belum bisa menanggapi karena saya masih diluar saya lihat dulu data harus valid.

Sampai berita ini dipublikasikan, Anggaran dana hibah, BOS, BOS pusat dan BOP Puluhan Miliar di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Dompu belum ada kejelasan, dari Kadis, Sekdis, Kabid Dikdas, Kabid Olahraga dan Kabid Paud.

( ARYADIN ).

Load disqus comments

0 comments