Berkat Tambahan Dua Unit Mobil, Kadis Damkar Sampaikan Terimakasih Ke Bupati Bima


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Tim Pemadam kebakaran adalah unsur pelaksana pemerintah yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas penanganan masalah kebakaran dan bencana lainnya. 

Dengan adanya penambahan dua unit mobil fire fighter dan water supply yang diserahkan langsung oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri saat perayaan Hari Jadi Bima tepatnya pada 5 Juli lalu, menambah semangat Tim berseragam biru itu.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Bima, A. Rifai menyampaikan, semboyan atau motto pantang pulang sebelum padam bukan sekedar ucapan belaka. Namun menjadi pengingat para pasukan pemadam saat menjinakkan api. Ujarnya. Rabu, (06/09/23).

Lanjutnya, “Alhamdulillah dengan adanya tambahan dua mobil yakni fire fighter dan water supply ini menambah semangat tim damkar menjinakkan api,” ucap Rifai.

Sambungnya, pengadaan dua unit mobil tersebut dibeli dengan mekanisme e-Katalog. Artinya, sebut, Rifai, kita di dinas hanya terima unit dan siap mengoperasikan.

“Kondisi mobil sangat bagus dan tidak ada kendala saat dioperasikan di lapangan,” terangnya.

Dijelaskannya, dua unit mobil ini akan ditempatkan di Mako atau di kantor dinas. Yakni siap dioperasikan ketika terjadi kebakaran atau dibutuhkan di area sekitar kantor Bupati Bima.

“Bukan saja di sekitar kantor Bupati. Mobil Damkar ini siap beraksi di wilayah Kabupaten Bima asalkan ada Informasi terjadi kebakaran,” bebernya.

Mewakili Dinas Damkar dan Penyelamatan, Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bupati Bima karena telah membantu pengadaan dua mobil penjinak api yakni fire fighter dan water supply,” pungkasnya.

Budi susanto Danru Kelompok 2 Damkar Kabupaten Bima, mengatakan, setelah dilakukan uji coba pada Hari Jadi Bima 5 Juli lalu. Dua unit mobil tersebut pernah dioperasikan saat terjadi kebakaran hutan di Desa Pandai dan kebakaran rumah di Desa Ngali.

“Dua unit mobil tersebut sudah dioperasikan, alhamdulillah tidak menuai kendala,” ucapnya.

Cerita Budi Susanto, saat memadamkan api di lokasi kebakaran di Ngali, api mampu dijinakkan dalam waktu 10 menit. Keberhasilan itu karena daya atau kekuatan tendang mobil fire fighter 10 ribu bar. Sedangkan untuk mobil water supply tetap disiagakan untuk menyuplai air ketika stok air di mobil fire fighter habis.

“Walaupun stok air di mobil fire fighter habis. Kita tidak repot lagi, karena sudah ada mobil water supply yah disiagakan untuk menyuplai air,” kisahnya.

Ia berharap kepada masyarakat agar segera menghubungi nomor call center 082236781121 jika terjadi kebakaran.

“Kita siap siaga selama 24 jam. Jika dihubungi segera beraksi,” tutupnya. (Ombus MDG)

Load disqus comments

0 comments