Terbakarnya Ferry KMP Royce1 Dan Dievakuasi ke Pelabuhan Merak


Tanggamus. Media Dinamika Global.id. -  Lampung PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) membenarkan insiden kebakaran sebuah kapal Ferry di Merak tak jauh dari Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu 06/05/2023.

PT ASDP Shelvy Arifin mengatakan kapal yang terbakar adalah KMP ROYCE 1 milik PT DLB.

Namun saat ini api telah dapat dipadamkan. Rencananya KMP ROYCE 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Merak, Sedangkan Tim Badan Pengelola Transportasi Daerah (BPTD), ASDP, Basarnas dan instansi terkait, telah berkoordinasi untuk segera membawa kapal sandar di Merak. Selanjutnya akan segera dilakukan evakuasi kepada seluruh pengguna jasa, Katanya.

Kapal Ferry KMP Royce 1,  membawa penumpang, yang terbakar di Laut Merak Banten, 

Api yang membakar kapal feri tersebut sudah dipadamkan.

Kapal tersebut terbakar saat berlayar dari Merak menuju ke Bakauheni Lampung. 

Dimana Sebuah truk yang berada di dek kapal, terbakar dan api menjalar ke bagian bodi kapal.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengkonfirmasi bahwa telah terjadi kebakaran di KMP Royce 1 milik PT DLB pada Sabtu 06/05/2023, sekitar jam 15.45 WIB saat pelayaran dari Merak menuju Bakauheni, Lampung,” ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, dalam keterangannya, Sabtu (06/05/2023).

Ditambahkan Kapal ferry tersebut rencananya disandarkan kembali ke Pelabuhan Merak, Dengan Proses evakuasi penumpang kapal terus dilakukan, dan Para penumpang kapal dievakuasi ke Pelabuhan Merak, imbuhnya.

Dilaporkan, sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, kapal mengalami kebakaran, Namun saat ini api telah dapat dipadamkan, dan Rencananya KMP Royce 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Merak,” ucapnya.

Jumlah penumpang dan kendaraan di dalam kapal belum dipastikan, dikarenakan Tim SAR gabungan saat ini sedang fokus mengevakuasi penumpang dari kapal tersebut.

Tim BPTD, ASDP, Basarnas dan instansi terkait telah berkoordinasi untuk segera mengkondisikan kapal sandar di Merak dan dapat segera melakukan evakuasi kepada seluruh pengguna jasa. Untuk selanjutnya, informasi dapat diakses melalui pihak Basarnas dan BPTD,” ujarnya.


Sementara itu Heldi Agustian Walikota Cilegon Banten, menegaskan,, yang bahwasanya sudah cek lapangan dan mengintruksikan kepada semua petugas untuk mengevakuasi para penumpang, guna Utamakan keselamatan Penumpang dan seluruh petugas Kapal evakuasi dengan segera, dan melayani mereka dengan sebaik baiknya, tandasnya.(Ade/umr)

Load disqus comments

0 comments