Proses Pelatihan TPP-P3PD NTB Di Kelas B Dihari Pertama Berlangsung Sukses


Mataram NTB.Media Dinamika Global.id sehari setelah acara pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas TPP-P3PD yang dibuka secara Resmi Oleh Wakil Gubenur NTB (Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah) bertempat di Hotel Lombok Raya dan hari ini Kamis,08 Desember 2021 Sebanyak 341 Peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas TPP-P3PD Tahun 2022 mulai memasuki hari pertama untuk menerima materi yang sebelumnya telah dilakukan pembagian kelas sebanyak 12 Kelas.

Kegiatan ini diikuti oleh 6 Kabupaten yaitu Kabupaten Lombok Barat,Lombok Tengah,Lombok Timur,Lombok Utara,KSB dan Kabupaten Bima dengan jumlah Pelatih Sebanyak 36 orang baik dari TAPM Provinsi maupun TAPM Kabupaten/kota.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas TPP-P3PD hari ini Berjalan Dengan lancar dan Sukses terutama di Kelas  B dengan Jumlah peserta 28 orang dan pelatih 3 orang.



3 orang Pelatih di kelas B yaitu : 

1. Bapak Midiwarman (TAPM.Provinsi NTB)

2. Bapak Lalu Mustanadi (TAPM Kabupaten/Kota)

3. Bapak Ali Wahyuddin (TAPM Kabupaten/Kota)


Nampak terlihat Pada Ruangan Kelas B baik antara pelatih dan Peserta maupun antara sesama peserta sangat berbaur dan penuh keakraban terutama sesaat setelah perkenalan dan juga materi yang disampaikan oleh setiap Para pelatih sangat mudah dipahami, dicerna dan diterima dengan baik oleh seluruh peserta pelatihan sehingga Proses Pembelajaran pun semakin seru dan makin semangat.

Kegiatan hari ini diawali dengan Pre tes dan kemudian Bina Suasana dan Kontrak belajar termasuk penanggung jawab kelas.

Selanjutnya Materi pertama yang disampaikan oleh Pelatih yaitu PB.1 Tentang Citra Diri Pendamping Desa kemudian dilanjutkan dengan PB.2  yaitu Materi tentang Pembangunan Desa Berbasis Data SDGS  dan materi terakhir yaitu SPB 2.2 Yaitu Partisipasi Masyarakat dalam pembangunan Desa.

Seluruh Peserta di Kelas B berharap semoga materi yang disampaikan  hari ini dapat Menambah peningkatan Kapasitas.dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru tentang pendampingan masyarakat Desa.




Dihari pertama Pelatihan Kelas B juga menerapkan metode diskusi kelompok dan kemudian di lakukan presentase oleh setiap perwakilan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya oleh Pihak Panitia.

Kegiatan untuk hari ini berjalan dengan lancar,tertib dan sukses dan akan dilanjutkan besok sekigus materi terakhir dan penutup.(Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 komentar