Buktikan Janji, Kades Desa Tangga Bersama Warga, Lakukan Pembersihan Saluran.


Tangga Kabupaten Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Guna menjaga kebersihan lingkungan dan menggerakan kepedulian masyarakat akan kebersihan, Pemdes Tangga dibawah komando Kades yang baru, Nasaruddin, S.Pt melaksanakan kegiatan Jumat Bersih. Kegiatan kali ini dilakukan di RT 05 dan 06 yang terletak di Dusun Oi Roko dan Dusun Uma Lige. Jumat (19/08/22).

Kegiatan ini merupakan realisasi dari Program Jumat Bersih yang dicanangkan oleh Kades Tangga, Nasaruddin. Pada Jumat Bersih kali ini dilakukan pembersihan saluran air (drainase) di area dekat kuburan Sigi dan Kakapi yang tersumbat dan dangkal karena tertimbun lumpur.

Kegiatan Jumat Bersih yang menjadi agenda rutin Kades Tangga ini dimanfaatkan betul oleh masyarakat di lingkungan tersebut. Masyarakat menyambut baik kegiatan Jumat Bersih karena selama ini saluran air yang tersumbat itu merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi warga.


Dengan bersenjatakan sekop, pacul serta cangkul, masyarakat bersama Pemdes Tangga berbaur menggali lumpur yang menimbun saluran tersebut. Kegiatan pembersihan ini untuk mewujudkan lingkungan Desa Tangga yang indah dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Kades Tangga mengatakan, kesempatan memanfaatkan kegiatan Jumat Bersih dengan melakukan penggalian saluran air yang tertimbun ini tidak lain agar lingkungan Desa Tangga terlihat asri dan sejuk.

“Kegiatan ini tujuannya adalah untuk menumbuhkan kesadaran warga dalam menjaga serta merawat kebersihan dan keindahan lingkungan desa sehingga menjadi kebiasaan yang rutin masyarakat”, ujar Nasaruddin. 


Dalam kesempatan Jumat Bersih tersebut, hadir antara lain Wakil Danramil Monta, Lettu Inf. Safrudin, Babinsa Tangga, Kaur Desa, Kadus Oi Roko, Kadus Uma Lige, Ketua RW dan Ketua RT. 

Calon DPRD Kabupaten Bima Dapil 1, Mahmud Abdullah dan istrinya juga terlihat hadir pada kegiatan tersebut. Mahmud dan istri memberikan bantuan konsumsi kepada warga yang sedang bergotong royong.

Kegiatan Jumat Bersih merupakan rangsangan yang diberikan oleh Pemdes Tangga kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan demi menuju keluarga yang lebih sehat. Kegiatan jumat bersih ini dapat memotivasi masyarakat desa Tangga untuk bergotong royong membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar. Kegiatan rutin desa pada hari jumat ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas. (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments