Kepala Bandara : Sudah Mulai Operasi Terminal Baru Bandara SMS Bima


Palibelo Bima. Media Dinamika Global. Id. Terminal Baru Bandara SMS Bima, dan Tempat Parkir Mulai Dioperasikan. Terminal Baru Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, dan Tempat Parkir mulai dioperasikan. Sebagai tahap akhir persiapan sebelum pengoperasian, Bandara SMS Bima, melakukan memindahkan peralatan-peralatan operasional dari Terminal Existing Lama ke Terminal Baru. Rabu, (29/09/2021).

Sebelumnya, pada Selasa, (28/09/2021), telah dilakukan simulasi total pengoperasian Terminal Baru dan Tempat Parkir Bandara SMS Bima. Simulasi ini melibatkan lebih kurang 70 orang karyawan yang berperan sebagai penumpang. Selain itu, beberapa karyawan lain berperan sebagai petugas parkir, petugas aviation security, petugas customer service, petugas groundhandling, dan instansi terkait seperti bea cukai dan imigrasi.

“Operasi ini dipastikan tidak akan mengganggu kegiatan operasional pada Terminal lama karena fokus aktivitas pemindahan akan dilakukan menjelang operasional Bandara," kata Kepala Bandar Udara SMS Bima, I Kadek Yuli Satriawan, Si, Kom, SSI.T. Saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya kepada media ini.

"Selesainya Operasi ini menandakan kesiapan Terminal Baru dan Tempat Parkir Bandara SMS Bima, yang menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Kabupaten Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu untuk dioperasikan walaupun belum diresmikan,” tambah Kadek.

Pada siang hari, akan mulai dipindahkan beberapa peralatan dan fasilitas pendukung ke terminal baru. Di saat bersamaan juga dilakukan pemeriksaan kondisi fasilitas di terminal baru oleh masing-masing unit yang bertanggung jawab terhadap fasilitas tersebut.

Adapun peralatan yang dipindahkan mencakup peralatan screening check point (SCP), fasilitas di ruang tunggu domestik dan internasional. Peralatan lain yang dipindahkan yaitu trolley, x-ray, komputer kios, walk through metal detector (WTMD) atau alat pendeteksi metal, meja pemeriksaan SCP, peralatan perkantoran, dan lainnya, artinya tidak sekaligus pemindahan Fasilitas dari Terminal lama ke Terminal Baru. Kata Kadek.

Simulasi yang dilakukan dimulai dari kedatangan penumpang, penggunaan troli, check in, screening, dan lainnya.

“Kami harapkan doa dan dukungan masyarakat agar persiapan final ini dapat berjalan lancar sehingga ikon baru kebanggaan masyarakat Kabupaten Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu ini dapat segera dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia,” sebut Kadek.

Lanjut Kadek, yang jelas Terminal baru, dan Tempat Parkir Bandara SMS Bima belum Diresmikan, setelah semua Fasilitas yang ada di Terminal Lama pindahkan ke Terimanal Baru, baru akan diresmikan secara keseluruhannya. Dengan agenda akan  Tutup Kadek. Sumber : Usman.

Load disqus comments

0 comments