Miris, Kondisi Bangunan SDN Inpres Pela Mengancam Keselamatan Siwa, Butuh Perhatian


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Sungguh miris kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Pela Kecamatan Monta Kabupaten Bima ini sangat tidak layak dan memprihatinkan pada Bagian plafon maupun atap hingga kondisi ruangannya. Kamis, (08/03/24)

Melihat dari hasil postingan salah satu pengguna akun Facebook bernama Dhion Jupe, nampak keadaan bangunan sekolah yang begitu menyedihkan.

Tak hanya plafon yang kondisinya sudah parah, atap genting ruang kelas pun terlihat sangat memprihatinkan. Yang suatu waktu bisa ambruk hingga mengancam keselamatan bagi siswa yang mengikuti proses kegiatan pembelajaran.

Supratman sapaan akrabnya Pak Dhion selaku pemilik akun Facebook sekalgus guru di sekolah itu, melalui Via WhatsApp mengungkapkan, selain plafon yang sudah ambruk, bagian atap pada bangunan sekolah itu juga bocor saat turun hujan, sehingga saat kegiatan belajar mengajar para siswa terpaksa pindah duduk agar bisa belajar meskipun dengan berdesak-desakkan di sisi kelas yang tidak terkena bocor.

Menurutnya, banyaknya air yang masuk ke dalam kelas melalui atap yang bocor saat hujan deras juga, sehingga dikhawatirkan membuat struktur kayu penyangga pada bagian atap yang sudah rapuh itu menjadi ambruk dan membahayakan para siswa.

Supratman (Dhion) berharap agar pemerintah dalam hal ini Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Zunaidin, S. Sos,. MM memiliki kepedulian terhadap nasib para siswa dan sekolah yang menjadi tumpuan bagi banyak anak-anak di Desa Pela untuk menjemput masa depan.


Sudah banyak sekolah yang sudah diperbaiki, namun di SDN Inpres Pela terutama diruang saya mengajar sepertinya luput dari perhatian Pemerintah, setelah dilakukan rehab pada puluhan tahun lalu, pantas saja kondisinya saat ini laksana bangunan tak berpenghuni.

Terakhir dikatakannya, semoga Pemerintah segera mengambil langkah agar bisa segera melakukan perbaikan, sehingga keresahan dan ketakutan terhadap siswa bisa hilang.

Disisi lain, kami sebagai guru, selain mengajar, wajib juga memikirkan bagaimana memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para Siswa-siswi, karena itu merupakan faktor penting untuk diperhatikan, agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. 

Sejauh berita ini diturunkan, Kepala SDN Inpres Pela belum sempat dikonfirmasi terkait persoalan ini. (Ombus MDG)

Load disqus comments

0 comments