Senyum Bahagia Mbah Wagiyem Yang Akan Memiliki Jamban Sendiri

Blitar - Mediadinamikaglobal.id || Pelaksanaan TMMD Kodim 0808/Blitar ke- 119 Tahun 2024 di Desa Wonotirto Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, tidak hanya memprioritaskan pada pembangunan fisik seperti rabat jalan dan RTLH saja, tetapi juga menyasar pembangunan jamban atau jambanisasi bagi warga yang membutuhkan, Senin (26/2/2024). 

Dalam upaya mewujudkan kesehatan lingkungan yang lebih baik, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim Blitar menargetkan sasaran jambanisasi di salah satu warga yakni di rumah Mbah Wagiyem, yang beralamat di RT. 03 RW. 03 Dusun Krajan, Desa Wonotirto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Kapten Inf Hery Susilo Dan SSK TMMD saat ditemui di lokasi mengatakan, "Melalui TMMD ke-119 ini, TNI berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi terciptanya kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Jambanisasi merupakan menjadi prioritas utama guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," urainya.

Bagi para warga penerima bantuan tersebut sebenarnya mereka sudah mempunyai rumah sendiri, namun belum mempunyai jamban pribadi, ada kalanya masih harus menumpang di tetangga dekatnya. Seperti yang terlihat saat ini, anggota Satgas TMMD ke- 119 Kodim 0808/Blitar, melaksanakan pembangunan jamban bagi salah satu warga bernama Mbah Wagiyem.

Dari rona wajahnya yang sudah menua terlihat bahagia saat ditemui media, "Matur suwun sanget kagem Bapak bapak ABRI sedoyo nggih (terima kasih banyak kepada Bapak bapak TNI semuanya ya)", celoteh Mbah Wagiyem dalam bahasa jawa yang kental. 

Jambanisasi dalam program TMMD kali ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat dan sekaligus guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

"Diharapkan dengan adanya jambanisasi ini, masyarakat Dusun Krajan timbul kesadaran untuk bisa lebih memahami dan menerapkan pola hidup sehat di rumah masing-masing, serta betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya untuk tidak BAB sembarangan," tegas Dan SSK. (Dim0808).

Load disqus comments

0 comments