Kunjungi Warga Lingkungan Seganteng, Kapolsek Sandubaya Sampaikan Pesan Kamtibmas Kapolresta Mataram


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.- Kapolsek Sandubaya beserta segenap Kanit Polsek Sandubaya melaksanakan Safari Kamtibmas dan Jum'at Curhat dalam rangka Cooling System Ops Mantap Brata (OMB) Rinjani di Masjid Nurul Yaqin di lingkungan Seganteng Karang Gebang, Kelurahan Cakranegara Selatan, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Jum'at (26/01/2024).

Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah SIK., kepada media ini menceritakan bahwa kegiatan rutin Safari Kamtibmas dan Jum'at Curhat yang dilakukan pada tiap hari Jumat sebagai upaya menjalin kedekatan dengan masyarakat di seluruh wilayah hukum Polsek Sandubaya.

Kegiatan yang dilakukan setiap seminggu sekali secara bergantian dari lingkungan yang satu ke lingkungan lainnya ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta mengajak masyarakat agar secara bersama-sama dengan Polri memelihara Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Dalam kegiatan kali ini Kapolsek Sandubaya mengaku bahwa dihadapan para tokoh masyarakat di lingkungan tersebut dirinya menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dari Kapolresta Mataram Kombes Pol Ariefaldi Warganegara SH SIK MM., dalam rangka menciptakan kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah Hukum Polresta Mataram pada umumnya dan Polsek Sandubaya pada hususnya.

Diantaranya, ia menyampaikan terkait memasuki Pesta Demokrasi yaitu Pemilu 2024 dimana masyarakat diharapkan agar menyambutnya dengan suka cita dan riang gembira tanpa mengabaikan persatuan dan kesatuan antar masyarakat yang sudah terbangun yang harus di jaga.

“Jangan sampai karena berbeda pilihan pada pemilu nanti masyarakat akan bercerai berai. Ini harus kita hindari, oleh karena itu kami menghimbau masyarakat agar tanamkan komitmen pada diri kita agar silaturahmi yang terbangun selama ini tidak boleh putus hanya karena tidak sama pilihan,”tegasnya.

“Ukhwah islamiah dan ukhwah wathoniah harus tetap kita jaga dalam bingkai NKRI,”tambahnya.

Selain itu Kapolsek menyampaikan pesan agar berhati-hati dalam bermedsos, serta hindari penipuan yang marak dilakukan oleh pelaku kriminal melalui melalui medsos. Berbagai modus di lakukan oleh orang untuk melakukan penipuan, misalnya arisan online, pinjaman online dll. Begitupula dengan kejahatan umum seperti tindak pida 3C (curas, curat dan curanmor) yang harus pula diwaspadai. Amankan barang masing2 dengan baik, motor parkir di tempat yg aman, dan pasang CCTV.

Sementara itu, untuk mencegah generasi penerus kita agar tetap sehat dan produktif, para orang tua diharapkan agar turut serta membentengi anggota keluarga dari maraknya penyalahgunaan Narkotika.

Masih banyak anak-anak usia sekolah yg kami temukan ningkrong pinggir jalan jam 1 dan 2 dini hari, kami harapkan kita peduli dengan anak anak kita utk mengawasi anak anak kita agar terhindar dari pergaulan bebas dan narkoba.

Terakhir dalam Safari Kamtibmas dan Jum'at Curhat tersebut, Kapolsek Sandubaya berharap kepada seluruh masyarakat agar setiap terjadi permasalahan antar warga baik di lingkungan masyarakat maupun di sekolah diharapkan agar bisa menyelesaikan secara kekeluargaan, libatkan aparat lingkungan, kelurahan untuk dapat melakukan penyelesaian masalah melalui mekanisme Restorative Justice (RJ).

“Jadi kita himbau masyarakat agar setiap permasalahan dapat diselesaikan melalui jalur mediasi sesuai yang disarankan dalam mekanisme RJ,”ucapnya.

Melalui Safari Kamtibmas dan Jum'at Curhat diharapkan Polri dengan masyarakat dapat menyatu sehingga segala bentuk permasalahan yang terjadi di tengah lingkungan masyarakat dapat diselesaikan bersama-bersama serta upaya antisipasi gangguan Kamtibmas dapat dilakukan bersama-sama.

(Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments