Hasil Illegal Logging Berhasil Ditangkap Dandim 1614 Dompu, Kinerja BKPH Pertanyakan


Dompu-NTB, Media Dinamika Global.Id._ Truck Bersama Kayu Diduga Hasil illegal Logging Berhasil Ditangkap Dandim 1614 Dompu tepat di tanjakan Tekasire jalan lintas Sumbawa Dompu NTB Sabtu tanggal 14 Oktober 2023. Kinerja Pihak BKPH Dompu dipertanyakan.

Penangkapan kayu beserta mobil Nopol S 991 PB oleh pihak Anggota Kodim 1614 Dompu berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar.

"Ya benar Truk yang di tangkap anggota kami bertempat di jalan lintas Sumbawa Dompu tepatnya di tanjakan Tekasire Dusun Mada oi U'a Desa Madaprama Kec. Woja Kab. Dompu," terang.

Dikutip dari media cakrawala.com, Unit Truk Nopol S 991 PB warna kuning biru yang muat kayu Sonokeling berjumlah 144 batang dengan total kubikasi ± 5,01 M³ itu sekarang sudah di serahkan kepada pihak BKPH Dompu setempat.

"Kayu bersama 1 unit mobil truck, diketahui berasal dari Dusun Kehe Desa Tembalae, kecamatan Pajo kabupaten Dompu, informasih yang saya terima kayu sonokeling tersebut direncanakan akan dikirim ke Surabaya, Jawa Timur, mobil truck bermuatan kayu sonokeling hasil illegal loging tersebut sudah diserahterimakan ke BKPH Topaso sesuai Tupoksi yang diembannya,"terangnya.

Langkah yang pihak Dandim 1614 Dompu itu sebagai langkah sebagai wujud upaya meminimalisir terjadinya ilegal logging yang semakin tidak terkendali di wilayah kabupaten Dompu saat ini.  "Hal itu juga kami lakukan guna membantu pemerintah daerah kabupaten Dompu melindungi serta mencega perluasan hutan yang terjadi saat ini," ungkapnya.

Adanya penangkapan satu unit mobil truck bermuatan kayu sonokeling diduga hasil illegal loging tersebut, sejumlah masyarakat sekitar lokasi penangkapan yang juga ikut menyaksikan langsung proses di lapangan tadinya mengatakan,  Mobil truck bermuatan kayu hasil illegal loging itu sudah di giring menuju kota Dompu.

"Mobil truck muat kayu setiap hari lulu lalang di jalan ini, kami tau si...?tetapi yang membuat kami disini merasa heran itu, pelaku illegal loging itu solah tidak ada takutnya di tangkap anggota yaa....? Pak wartawan kira_kira para Oknum tersebut ada ijin atau tidak membawa kayu sonokeling itu," tanya TF salah satu warga desa Mada Prama yang di temui oleh media ini di lokasi setempat.

Ditanya tau tidak kayu sonokeling bersama mobilnya tadi di bawa kemana, "Tadi mobil truck bermuatan kayu diduga sonokeling hasil illegal loging di giring menuju kota Dompu, selanjutnya saya tidak tau, Kenapa hanya pihak TNI saja yang tangkap kayunya, pihak pemerintah seperti BKPH apa kerjanya," tanya TF. 

(Surya Gempar).

Load disqus comments

0 comments