Peringati Hari Anak Nasional, Wabup Dompu, Ilmu Agama Fondasi Awal Mendidik Sang Buah Hati


Dompu, Media Dinamika Global Id ~ Peringati Hari Anak Nasional (HAN) Ke-39 tahun tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu tahun 2023 berlangsung di lapangan Beringin No.1 Jum’at (01/09/2023).

Adapun yang hadir pada peringati ini. Sekda Dompu, Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, Kabag lingkup Setda Dompu dan Camat Dompu.

Kemudian tampak Ketua TP. PKK, GOW, DWP, Anggota Forum Anak, ketua LPA, Yayasan Lembaga Pemerhati Anak, Kepala TK/RA Se Kecamatan Woja dan Dompu, serta Orang Tua/Wali Murid, begitupula dari Insan Pers.


Dalam sambutan wakil Bupati Dompu. H. Syahrul Parsan, ST. MT. Menyampaikan pada Peringati Hari Anak nasional yang ke-39 tahun 2023 tingkat Kabupaten Dompu (Dok. Prokopim).

Wabup Dompu mengatakan mari kita eratkan kebersamaan dalam kegiatan Peringati Hari Anak Nasional, bahwa diharapkan sebagai momentum untuk mengevaluasi perkembangan tumbuh kembang anak di Kabupaten Dompu, ucap Wabub.

Setiap orang tua tentu berharap buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas, berprestasi dan bisa dibanggakan.

Mewujudkan harapan tersebut, menurut Wabup butuh bimbingan dan perhatian yang intens dari orang tua diperlukan, serta menyiapkan lingkungan yang ramah dan memberikan hak-hak mereka. Ungkapnya

Hal ini perlu diperhatikan oleh para Orang tua wali murid dalam Hak bermain, berkumpul dengan teman serta saudara, mendapatkan perlindungan dan lainnya.

“Jika hak-hak ini sudah bisa dipenuhi, maka mereka bisa tumbuh sebagai insan yang berani, percaya diri, pandai berinovasi dan bersosialisasi” ujarnya.

Selanjutnya H. Syahrul Parsan menambahkan, selain pengetahuan umum, membekali ilmu agama sejak dini diperlukan sebagai fondasi awal mendidik anak.

“Hal ini penting, karena agama sebagai tuntunan hidup dan sebagai bekal agar mereka tidak tersesat kemudian, pungkasnya.

Kabid Pemenuhan Hak Anak Yayat Nurhidayat, SKM. Kesempatan yang sama Plt. Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu yang diwakili Kabid Pemenuhan Hak Anak Yayat Nurhidayat, SKM melaporkan sepanjang tahun 2023 isyu yang menjadi tren mempengaruhi perkembangan anak khususnya di kabupaten Dompu yakni adanya pernikahan dini.

Dampak yang ditimbulkan kepada pasangan yang menikah usia muda ini ada dua. Pertama Stunting, sebelum menikah perempuan menyembunyikan kehamilannya akibatnya janinnya tidak terurus.

Kedua, Kemiskinan Ekstrim, pasangan yang menikah diusia dini masih sangat rentan, rata-rata belum mempunyai keahlian sebagai bekal untuk mencari nafkah.

HAN tahun ini mengangkat tema “Anak Terlindung Indonesia Maju “melalui tagline ini, semua pihak berharap agar anak-anak Indonesia dapat menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-hak mereka, Tutupnya Sumber Prokopim Dompu (Aryadin).

Load disqus comments

0 comments