Tandatangani PKS Dengan BPJPH, Rektor UNU NTB Berharap Halal Center Jadi Pusat Halal di NTB

Foto Bersama Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB di Kantor BPJPH. 

Mataram, Media Dinamika Global.Id.-Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB resmi menandatangani PKS atau perjanjian kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk penyelenggaraan Pelatihan Jaminan Produk Halal, Literasi Halal serta akselerasi sertifikasi Halal. Penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung di Kantor BPJPH, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Kepala BPJPH, Aqil Irham menyampaikan bahwa PKS ini merupakan suatu bentuk syiar BPJPH dalam mensosialisasikan dan mengatur regulasi tentang sistem jaminan produk halal di Indonesia. Karena menurutnya, Indonesia harus menjadi pusat halal dunia. 

Menurutnya Halal saat ini telah berkembang menjadi standar global, tidak semata-mata menjadi isu agama tetapi halal berbicara variabel mutu, kualitas, kesehatan dan juga terkait isu-isu pasar, ekonomi, pasar globa ekspor import dan seterusnya. 

"Halal juga sudah menjadi gaya hidup, gastronomi global, pasar mainstream global dan perdagangan internasional,"kata Kepala BPJPH dalam sambutannya. 

Foto Rektor UNU NTB usai menandatangani PKS. 

Sementara Rektor UNU NTB, Baiq Mulianah menjelaskan bahwa Ruang lingkup kerjasama antara UNU NTB dan BPJPH ini tidak hanya menyangkut Tri darma PT. Namun juga berkaitan langsung dengan penyelenggaraan pelatihan tentang Jaminan Produk Halal, Literasi Halal dan Sertifikasi Halal, serta Peningkatan sekaligus pengembangan kompetensi sumber daya manusia. 

"Karenanya kami ucapkan terimakasih kepada BPJPH yang telah mempercayai UNU NTB sebagai mitra strategis dalam Penyelenggaraan Pelatihan Jaminan Produk Halal, Literasi Halal serta Akselerasi Sertifikasi Halal,"ujarnya.

Lebih lanjut menurut rektor, PKS atau perjanjian kerjasama ini untuk memperkuat kemitraan dengan BPJPH dalam membangun sistem jaminan halal kedepannya. 

Rektor berharap kedepannya melalui BPJPH dengan mitra strategis dapat mengemban misi penting untuk memfasilitasi dan berkontribusi dalam mendorong pemulihan ekonomi melalui pengembangan industri dan ekosistem halal. 

"Melalui halal Center UNU NTB kami berharap bisa menjadi pusat halal di NTB,"terang Rektor. 

Selain UNU NTB, ada 13 Mitra Strategis lainnya yang juga bertandatangan, diantaranya adalah, 1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) PT. Greatedu Global Mahardika 3) PT. Forescitra Sejahtera (Mutu Institute) 4). Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan 5). Lembaga Pelatihan Kerja Bersama Halal madani 6.) Halal Science Center Institut Pertanian Bogor 7). Balai Diklat Industri Makassar Kementerian Perindustrian Republik Indonesia 8). Pusat Kajian Halal Universitas Inslam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 9). PT Bank Syariah Indoensia, TBK 10) PT. Sriwijaya 11). PT. Kayama Amanah Sejati 12). PT. Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) 13. PT. Halal Institute. (MDG-RED). 

Load disqus comments

0 comments