Program Bakti Stunting, RSUD NTB Lakukan Baksos di Kecamatan Batukliang


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__ Hari ini, Selasa 4 Juli 2023 RSUD Provinsi NTB melakukan Bakti Sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan promosi di Kecamatan Batukliang.

Bhakti Sosial ini merupakan rangkaian program Bakti stunting RSUD Provinsi NTB  di Kecamatan Batukliang yang sesuai keputusan Gubernur NTB menjadi lokasi Pendampingan dari RSUD Provinsi NTB.

Sebelumnya sudah dilaksanakan rapat koordinasi dengan Aparat Kecamatan, Puskesmas dan Desa Wilayah Kecamatan Batukliang yang membahas rencana tekhnis distribusi dan monitoring pembagian telur kepada sasaran balita stunting dan Ibu Hamil KEK.

Bakti sosial pemeriksaan kesehatan kali ini dipusatkan kegiatannya di Desa Bujak dengan menurunkan Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Obgyn, Dokter Umum, Apoteker, perawat/ bidan dan Ahli Gizi selain jajaran Direksi dan Manajemen yang turut mendampingi. 

Selain pemeriksaan kesehatan oleh Dokter Spesialis, kegiatan juga diisi dengan penyuluhan dan konsultasi kesehatan dan Gizi. Harapan nya dengan kegiatan pemeriksaan ini mampu  menurunkan kesakitan akibat infeksi penyakit khusunya bagi balita stunting dan ibu hamil KEK dan membantu percepatan kenaikan berat (kejar tumbuh) serta mencegah munculnya kasus stunting baru, ujar Direktur melalui Wadir Pelayanan dr. Hj. Qomarul Islamiyati, Sp.KJ dalam sambutannya.

Selanjutnya kegiatan serupa  akan direncanakan sebanyak 6 kali oleh RSUD Provinsi NTB terutama di daerah kantong stunting (jumlah kasus stunting tinggi)  selama program Bakti stunting di Kecamatan Batukliang.

Sementara Kepala Desa Bujak H. Masrihin Halidi, SH menyambut baik kegiatan ini sebagai langkah pencegahan dan pengobatan kasus stunting dan ibu hamil KEK.  Kepala Desa menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian dan kecintaan  Tim RSUD Provinsi NTB kepada Masyarakat Desa Bujak dengan menghadirkan Layanan pada hari ini. 

Kegiatan Bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Bujak ini, RSUD Provinsi NTB  menurunkan 2 Dokter Spesialisnya yaitu dokter spesialis dr. H. Agus Rusdhy Hamid H, Sp.OG (K) MARS, dan dr. I Ketut Adi Wirawan, Sp.A (K) Disamping Tim Medis lainnya seperti Dokter Umum, Apoteker, Ahli Gizi, Perawat/ Bidan dan  Laboratorium dan PKRS serta Humas. 

Hingga kegiatan berakhir antusiasme dan partisipasi masyarakat sangat tinggi terbukti jumlah peserta yang dilayani pada kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis ini sebanyak 268 orang yang terdiri dari  202 orang lansia,  41 Ibu Hamil dan 25 balita.

(Surya Gempar).

Load disqus comments

0 comments