Latsarmil Komcad TA 2023, Hari Ini Resmi Ditutup


Bali Indonesia,- Media Dinamika Global,Id,- Merujuk UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI. Komcad sendiri terbagi menjadi empat, yaitu Komcad sumber daya manusia (SDM), Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan dan Komcad sarana dan prasarana.

Latihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Latsarmil Komcad), angkatan ke-3 (ketiga) TA 2023 di Rindam IX/Udayana, pada hari ini senin tanggal 31 Juli 2023, dilaksanakan upacara penutupan. Upacara penutupan bertempat di lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana. Dihadiri oleh Dirsumdan Ditjen Pothan Kemhan, Brigadir Jenderal TNI Fahrid Amran,SH., para Perwira tinggi (Pati) dan Perwira menengah (Pamen) TNI di lingkungan Wilayah Kodam IX/Udayana, dan Pati,Pamen dari Kepolisian Daerah Bali, serta Perwakilan Instansi Pemerintah Daerah (Pemda) Bali, Pemda NTB dan Pemda NTT, yang masuk dalam wilayah Kodam IX/Udayana. Hadir pula para keluarga dari personal Komcad yang mengikuti Latsarmil.

Dalam wawancara dengan awak media, Brigjen TNI Fahrid menyampaikan bahwa, “Komcad bisa dikerahkan untuk mobilisasi guna memperbesar, memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama, yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI). Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam.”


Sebagai anggota Komponen pertahanan negara, para siswa ketika selesai melaksanakan Latsarmil Komcad ini menjadi Patriot Udayana di wilayah Kodam IX Udayana khususnya dan Indonesia pada umumnya, yang memiliki jiwa dan semangat juang yang Tangguh, dalam menghadapi berbagai tantangan tugas atau hidup di tengah masyarakat, serta selalu siap , bersedia jika ibu Pertiwi memanggil apabila negara sedang dalam menghadapi ancaman militer.

Upacara penutupan Latsarmil Komcad, di tutup dengan parade defile, atraksi silat dan tarian kecak. 

Komcad bersifat sukarela dan tak ada paksaan. Komcad juga boleh diikuti siapa saja, dan memenuhi segala persyaratan yang di tentukan. Status anggota Komcad tetap warga sipil. Dengan demikian, mereka akan kembali ke profesi masing-masing setelah selesai menjalani pelatihan, anggota Komcad tetap terikat pada hukum positif yang berlaku, selayaknya masyarakat sipil lainnya.

 (Harry Bintang)

Load disqus comments

0 comments