Kembali Terjadi Kebakaran Di Desa Parangina Sape,Dini hari 2 Unit Rumah Panggung Rata Dengan Tanah


Sape Bima-NTB. Media Dinamika Global.Id Selasa.18/07/2023 Setelah Pada beberapa hari yang lalu Peristiwa Kebakaran terjadi di Dusun Wodi Desa Parangina yang menghanguskan 1 Unit Rumah Panggung 6 Tiang dengan Kerugian Material puluhan juta rupiah,kembali Peristiwa Kebakaran terjadi di Desa Parangina yaitu pada Dini hari sekitar pukul 02:40 wita bertempat di Dusun Bou Rt 20 RW 10 Desa Parangina kec Sape, Telah terjadi Kebakaran dan menghanguskan 2 unit Rumah Panggung yaitu: 2 Unit Rumah Panggung 12 Tiang dan 9 Tiang milik Bapak Yasin (Almarhum) umur 60 tahun Pekerjaan Petani.



Dugaan sementara kebakaran tersebut terjadi akibat adanya konsleting arus pendek listrik sehingga mengakibatkan seluruh isi rumah hangus terbakar. 

Berdasarkan informasi dari Babinsa Desa Parangina (Serda Aladin) Anggota Koramil 1608/03 Sape dan Warga sekitar (Syamsuddin) kepada awak Media Online Dinamika Global Kronologis kejadian sebagai berikut:

Pada awalnya anak dari Bapak Yasin pemilik Rumah melihat Api yang tiba-tiba menyala dan keluar dari Rumah kemudian berteriak memanggil tetangga rumah, untuk membantu memadamkan Api tersebut, Penyabab dari kebakaran tersebut di karenakan hubungan Arus Pendek Listrik.

Selanjutnya sekitar Pukul 02.00 wita dini hari masyarakat yang melihat api berteriak minta tolong dan bahu membahu memadamkan api dengan alat se adanya.

Kemudian Pukul 03.00 wita 1 yunit mobil Pemadam kebakaran milik Pemerintah Kecamatan Sape tiba dilokasi terjadinya kebakaran dan Langsung Memadamkan api namum api belum berhasil dipadamkan.

Dan sekitar pada Pukul 03.30 wita api baru berhasil dipadamkan dengan bantuan 3 unit Damkar dan alat seadanya

Akibat dampak dari kebakaran tersebut kerugian diperkirakan Rp 250.000.000 Rupiah dengan rincian sebagai berikut :

Korban Materil :

 - 1 Unit Mobil Traktor hangus terbakar

- 1 Unit kios dan barang Dagangan hangus terbakar Modal usaha Rp 15.000.000

- Sepeda motor jenis Viksion 1 Unit dan 1 Unit Spm Vario 140 Hangus terbakar.

- 15 Ekor Domba hangus terbakar

- 2 buah Hp Merk Opo dan Vivo.

- Uang Tunai senilai Rp 40.000.000.

- 20 Gram Mas Hangus terbakar.

- Bibit Bawang sejumlah 750 kg.

- Gabah 25 Karung.

- Mesin Jahit

- Mesin Pertanian

- 30 Ekor Ayam Kampung 

- Beras 50 kg.

- 1 Unit Mesin Diesel 5 PK 

Mesin Traktor juga ikut Terbakar 

15 Ekor Dompa tidak terselamatkan 

Dampak dari kebakaran tersebut juga merambat pada 2 Unit Rumah Permanen milik : 

1. Bapak A.Ajis umur 60 tahun, pekerjaan petani,bagian rumahnya yang rusak adalah tembok bagian samping ikut terbakar.

2. Bapak M. Sidik umur 62 tahun, pekerjaan Petani,Bagian Rumah nya yang rusak yaitu pada bagian Dapur hangus terbakar beserta seluruh alat masak.


Nampak terlihat dilokasi saat terjadinya kebakaran Babinsa Desa Parangina (Serda Aladin) Anggota Koramil 1608/03 Sape juga beberapa Staf Desa bersama sama dengan warga membantu memadamkan api juga menjaga situasi disekitar terjadinya kebakaran, apalagi kejadiannya tengah malam jangan sampai terjadi hal hal lain yang tidak kita inginkan bersama dan mengganggu suasana Kamtibmas.

Total Kerugian di Perkirakan Rp 250.000.000 Rupiah dan Alhamdulillah tidak menimbulkan korban Jiwa.

Pantauan awak media di lokasi Pasca terjadinya kebakaran Saat ini Para Korban Kebakaran sangat membutuhkan Bantuan dan sentuhan tangan kita semua terutama kepada pemerintah Kabupaten Bima agar kiranya dapat memberikan dan menyalurkan bantuan tanggap darurat sebagai langkah pertolongan pertama.

(Arf SP.MDG/04)

Load disqus comments

0 comments