I Ketut Eko Susila Artha Permana SE, MSi, Hadiri Upacara Penutupan Latsarmil Komcad TA 2023


Bali Indonesia,- Media Dinamika Global,Id,-Setelah menjalani proses pelatihan yang melelahkan, sebanyak 500 orang dari Bali-Nusra berhasil lulus untuk mengikuti Latihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan (Latsarmil Komcad) TA 2023. Upacara penutupan Latsarmil Komcad dilaksanakan di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, tanggal 31 Juli 2023.

Perekrutan Komcad adalah implementasi dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Komcad bersifat sukarela (voluntary) dengan rekrutmen melalui pendaftaran/aplikasi dan perekrutannya berasal dari ASN Kemhan/TNI/Pemda/Instansi, perguruan tinggi negeri/swasta, pegawai BUMN/swasta, maupun warga lainnya (umum).

Hadir dalam upacara penutupan Latihan Dasar Militer Komponen Cadangan (Latsarmil Komcad) TA 2023, adalah Bapak I Ketut Eko Susila Artha Permana SE, MSi. Beliau hadir mewakili Bupati Jembrana, Bapak I Nengah Tamba, SH. Bapak Eko Susilo pada saat ini menjabat sebagai Kadis Kominfo Kabupate Jembrana/ Plt Kaban Kesbangpol, Kab. Jembrana – Bali.


Ditemui awak media, Bapak Eko Susilo memberikan sedikit harapannya, “bahwa,Komponen Cadangan (Komcad) merupakan agenda penting dan masyarakat harus berperan aktif, dalam mensukseskan pembentukan Komcad. Melalui sosialisasi pemerintah Kabupaten Jembrana, berharap bisa terbentuk komponen cadangan yang solid, berdedikasi dan berkompeten dalam mendukung peran TNI, dalam menjalankan perannya menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI. Personil komponen cadangan ini bisa dijadikan sebagai panutan dan contoh bagi masyarakat kita dalam membangkitkan semangat bela negara khususnya bagi generasi muda kita, yang nantinya mewarisi perjuangan pembangunan bangsa ini"

Upacara penutupan Latsarmil Komcad dihadiri oleh, Dirsumdan Ditjen Pothan Kemhan, Brigadir Jenderal TNI Fahrid Amran,SH., para Perwira tinggi (Pati) dan Perwira menengah (Pamen) TNI di lingkungan Wilayah Kodam IX/Udayana, dan Pati,Pamen dari Kepolisian Daerah Bali, serta Perwakilan Instansi Pemerintah Daerah (Pemda) Bali, Pemda NTB dan Pemda NTT, yang masuk dalam wilayah Kodam IX/Udayana. Hadir pula para keluarga dari personal Komcad yang mengikuti Latsarmil.

Dengan selesainya kegiatan Latsarmil anggota komponen cadangan dapat melaksanakan fungsinya masing-masing dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan sebagai teori maupun praktek dilingkungan kerja. Yang terpenting anggota komponen cadangan dapat mengobarkan semangat belah Negara dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta atau sishankamrata kepada seluruh komponen lainya.

 (Harry Bintang)

Load disqus comments

0 comments