Progres, PKBM Ceria Laksanakan Ujian Komputer


Lombok Barat __ Puluhan Siswa mengikuti ujian paket A dan B yang dilaksanakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ceria Lombok Barat di SMP Negeri 3 Gunung Sari berjalan dengan lancar, Sabtu (20/5/2023).

Puluhan siswa tersebut datang dari Lombok Barat, Sumbawa bahkan dari Jakarta untuk mengikuti ujian menggunakan komputer, yang diawasi langsung oleh panitia dari PKBM Ceria.

Pengelola PKBM Ceria Lombok Barat, Sartini, S.Pd saat ditemui di lokasi ujian, mengatakan, ujian paket A dan B menggunakan komputer diikuti oleh belasan siswa dari berbagai daerah bahkan dari Jakarta.

Karena keterbatasan perangkat komputer dan lokasi, maka dilaksanakan dua sesi, pagi untuk paket A dan siang untuk paket B.  

"Yang ujian paket A ada enam orang dan paket B ada 9 orang. Karena keterbatasan perangkat komputer, kita laksanakan dua sesi, paket A pagi dan paket B siang," ujarnya.

Siswa ujian mengikuti arahan panitia pelaksanaan ujian melalui komputer dengan mengakses link Pusmendik yang langsung dinilai dan hasilnya dari Kementerian Pendidikan.

Sartini menjelaskan, pada tahun ini total siswa yang mengikuti ujian paket A, B dan Paket C kurang lebih sebanyak 500 siswa. Namun hanya beberapa orang saja yang mengikuti ujian menggunakan komputer dan sisanya menggunakan ujian manual.

Ujian manual akan segera dilaksanakan secara bertahap dalam waktu dekat, melihat banyaknya siswa yang akan mengikuti. 

Sartini berharap, ke depan pemerintah dapat membantu melengkapi peralatan PKBM Ceria seperti komputer untuk ujian, meja dan kursi belajar siswa.

Karena PKBM Ceria adalah salah satu PKBM yang sangat aktif dan mempunyai banyak siswa. Sehingga sangat dibutuhkan fasilitas yang memadai (Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments