BKTM Desa Polsek Monta, Hadiri Sosialisasi Pencegahan Konflik Horizontal : Kapolres Bima Sampaikan ini


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. BKTM Polsek Monta Polres Bima Polda NTB Aipda Suherman menghadiri Sosialisasi Pencegahan Konflik Horizontal Rabu, (17/05/23) Sekira Pukul 09.00.Wita Pagi Kemarin.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh BKBDP ( Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Bima ).mengusung Tema "Cegah Konflik Horizontal Menuju Bima Ramah" bertempat di Aula Kantor Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima.

Kapolres Bima AKBP Hariyanto SH, SIK membenarkan adanya sosialisasi pencegahan konflik horizontal yang laksanakan oleh BKBDP kabupaten Bima di Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima.

"Kami Pihak Kepolisian Resor Bima akan mendukung penuh langkah-langkah Pemerintah dalam mencegah terjadinya konflik Horisontal di kabupaten bima"

Menurut Pria Bermelati Dua itu dengan adanya kegiatan tersebut k bisa memberikan pemahaman kepada masa akibat dampak buruk apabila terjadi Konflik sehingga masyarakat memahami dan menghindari terjadi konflik.

Sementara itu,Kepala bagian kesatuan bangsa dan politik kabupaten Bima Drs Sharul dalam sambutannya menyampaikan terjadinya konflik karena perbedaan kepentingan, dan kepentingan individu dan kelompok, untuk mencegahnya harus dapat memberikan pencerahan baik di tingkat keluarga individu dan kelompok, Kabid pengkajian mengatakan , masalah strategis dan penanganan konflik masyarakat dan pemerintah desa harus mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan keamanan.

Camat Monta Muktamirin dalam kesempatan itu mengatakan Untuk mencegah terjadinya konflik harus menjaga agama, perilaku, nazab atau perkawinan, harta / warisan, hubungan emosional karena dampak daro terjadinya konflik adalah tidak aman gangguan keamanan dan bisa terjadi kerugian material yang tidak sedikit.

Senada dengan itu Kapolsek Monta yang diwakili Bhabinkamtibmas Aipda Suherman juga menyampaikan, kita harus sama menjaga keamanan dan ketertiban untuk menuju Bima ramah, jika terjadi konflik maka secepat mungkin dilakukan pendekatan dan pencegahan agar konflik tidak berkelanjutan/ meluas.

Pencegahan konflik ini tidak saja menjadi tanggung jawab Aparat penegak hukum dan pemerintah tetapi perlu adanya peran aktif seluruh lapisan masyarakat dengan begitu Insa Allah konflik dapat cegah 

Peltu Abdullah yang mewakili Danramil Monta menjelaskan Terjadinya konflik di wilayah karena adanya kesalahpahaman antara baik antar desa maupun kelompok, sehingga terjadinya perselisihan yang bisa mengakibatkan perang kampung.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Kepala badan kesatuan Bangsa dan politik kabupaten Bima Drs Sahrul, Kabid pengkajian masalah strategis dan penanganan konflik Jainudin,S.S,Camat Monta Mutamirin,Danramil Monta yang di wakili oleh Peltu Abdullah,Kapolsek Monta yang di wakili oleh BKTM Tolotangga Aipda Suherman,Kades Tolotangga Habibi Ibrahim dan stafnya,Ketua BPD Tolotangga Suhardin beserta anggotanya, Toga, Toma danToda Desa Setempat. (MDG 002)

Load disqus comments

0 comments