ADD Desa Dan Serah Terima Sarana Prasarana Posyandu Desa Roka Kec. Belo Kab. Bima


Roka Belo NTB. Media Dinamika Global.id.~ Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Desa roka Kecamatan belo Kabupaten Bima. dan Penanggulangan dalam pengantarnya menyampaikan bahwa ada 3 hal penting setidaknya yang menjadi agenda diskusi. 

"Dalam rakor ini kita perlu diskusikan kebijakan realokasi sisa DD Desa yang tidak terserap. Kedua, rencana kebijakan Dana Desa Tahun 2023. Ketiga, kendala dan tindaklanjut hasil monitoring di lapangan", ujar Suhaimin ABD. mengawali Rakor di Kantor desa Roka kecamatan belo, pada  (9/5).

Rapat Koordinasi dihadiri oleh elemen jajaran Pemerintah desa roka setempat.

Dalam Rakor tersebut, Suhaimin ABD, Dana Transfer Umum mewakili Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu mengatakan Kebijakan mengenai penggunaan sisa selisih Dana Desa untuk ADD Desa yang  tidak salur masih berproses dan segera akan ditetapkan.

Terkait alokasi Dana Desa untuk ketahanan pangan perlu adanya kolaborasi untuk memastikan agar program berjalan efektif. 

Sejalan dengan hal tersebut Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Desa Suhaimin ABD menyampaikan bahwa semakin cepat kebijakan realokasi maka desa akan dapat segera memanfaatkan Dana Desa. Realisasi kegiatan dapat dilaksanakan lebih awal. Hal lain yang diperlukan yaitu kebijakan terkait realokasi penggunaan Dana Desa 8% untuk penanganan kursi posyandu, mengingat di banyak daerah  semakin belum ada tiap posyandu yang agaknya kurang mendapatkan kursi maupun bantuan lainya.

 Suhaimin ABD kepdes roka menyatakan pentingnya Desa lebih cerdas secara administratif tetapi perlu juga memperhatikan capaian tujuan kebijakan Dana Desa.  Selama ini dana Desa lebih fokus pada pembangunan fisik, ke depan perlu fokus pada manusianya (unggul, sehat, cerdas). Untuk itu perlu adanya community centre untuk penguatan SDM dan pendamping yang terstandar.

 selaku Deputi Pembangunan Manusia Sekretariat desa roka kecamatan belo menambahkan beberapa isu terkait penggunaan dana Desa diantaranya dukungan penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, dan TBC. Selanjutnya juga perlu segera pengoptimalkan media bagi pakai data secara bersama melalui Dasbor Desa untuk membantu evaluasi dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang valid. 

Terkait kebijakan Dana Desa Tahun 2023, Pemerintah masih akan berfokus pada penyempurnaan kebijakan penganggaran Dana Desa, penyempurnaan kebijakan pengalokasian Dana Desa dengan memperhatikan kinerja desa, penentuan fokus penggunaan Dana Desa yang disinkronisasikan dengan prioritas nasional, memperbaiki mekanisme penyaluran Dana Desa, dan melanjutkan mekanisme penerapan sanksi.

Menutup diskusi Deputi Sudirman menyampaikan bahwa kolaborasi Kementerian/Lembaga harus terus dilaksanakan melalui monitoring bersama dan rapat rutin tingkat teknis.

"Kami apresiasi kebijakan dan langkah-langkah yang sudah dilakukan Kementerian/Lembaga dalam pelaksanaan kebijakan Dana Desa. Harapannya isu-isu tematik perlu terus dikawal dan ditindaklanjuti pada rapat tingkat teknis segera, " pungkas kepdes roka Suhaimin ABD. menutup Diskusi.

Serah terima bantuan sarana posyandu 3 pos yang bersumber dari Dana Desa Ta. 2023, speaker dan kursi plastik 60 biji, masing- masing  pos dapat 20 biji kursi dengan datang anggaran desa roka 1,4 miliar pertahun.

Selasa 9 Mei 2023, pak kades suhaimin ABD, selaku kades dan sekertsris pak supriadin spd, pak nursahid sdp selaku ketua BPD, Posyandu imbung st. Nurlailah. Posyandu maimen murni m. Yusuf. Posyandu. Asta hamisa sarjan. Sejumlah anggaran 17 juta  kades roka suhaimin ABD, pak sekertaris supriadin Spd, pak kadus nehru. Tutup(Juardin7 MDG).

Load disqus comments

0 comments