Polres Bima Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2023


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Kepolisian Resor Bima Polda NTB melaksanakan Apel gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani Tahun 2023 di Lapangan Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima Senin, (17/04/23) sekitar Pukul 08.00. Wita Pagi Tadi.

Kapolres Bima AKBP Hariyanto SH, SIK, Melalui Kasi Humas Iptu Adib Widayaka mengatakan Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Rinjani dalam rangka pengamanan menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H. Tahun 2023 M.

Bertindak sebagai pimpinan apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2023 dengan Tema " Mudik Aman Berkesan" Bupati Bima Hj.Indah Damayanti Putri SE.

 Dua belas Amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo M.si yang dibacakan Oleh Bupati Bima selalu pimpinan apel diantaranya,  

Apel gelar pasukan operasi Ketupat merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.

Seperti kita ketahui, bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Berdasarkan Survei Indikator periode 5 s.d. 10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.

Terlebih lagi Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022,menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%. Berkaitan dengan hal tersebut Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menekankan bahwa, "Hati hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik”.

Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April s.d. 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 s.d. 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 s.d. 9 Mei 2023. Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. 

Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos dengan rincian 857 Pos Pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi, gatur dan rekayasa arus lalin,serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada objek wisata, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya;713 Pos Pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan berbagai layanan lainnya;dan 217 Pos Terpadu yang berfungsi untuk pusat kodal operasi secara terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi dengan command center terpadu.Untuk memastikan operasi berjalan dengan optimal, Polri akan membagi 5 wilayah pengendalian utama di Pulau Sumatera – Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai Posko Operasi Terpusat. 

Posko tersebut didukung oleh berbagai kemampuan, sehingga setiap perkembangan situasi di lapangan bisa termonitor secara real time.Kemudian sebagai tindak lanjut anev mudik tahun 2022, maka telah dikeluarkan SKB tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan, serta Penyeberangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Bima Hj,Indah Damayanti Putri SE, Kapolres Bima AKBP Hariyanto SH SIK, Danyon Brimob Batalyon C Pelopor Bima, Kasubden Pom Bima, Kepala Kejaksaan Bima, Kepala Pengadilan Bima, serta kepala Dinas instansi pemerintah terkait.

Adapun Peserta Apel gelar pasukan operasi Ketupat Rinjani 2023 yakni, Brimob Batalyon C 1 Peleton,Kodim 1608 Bima 1 peleton,Sat samapta 2 peleton,Sat Lantas 1 peleton,Staf Polres 1 Peleton,Sat reskrim/intel 1 peleton,Sat Pol pp 1 peleton, Dinas Perhubungan 1 peleton, Damkar 1 Regu,Dinas Kesehatan 1 Regu,Basarnas 1 Regu,Senkom 1 peleton

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar aman dan berakhir Sekira Pukul 09.00.Wita. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar