Hujan Lebat, Lima Kecamatan Di Kabupaten Bima Terdampak Banjir


Bima, Media Dinamika Global.Id._ Pasca hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten dan Kota Bima Pusat Pengendalian  Operasi (PUSDALOP) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bima menyampaikan laporan sementara Kecamatan yang terdampak tersebut.

Hingga Selasa (4/4)  pukul 19.00 WITA, terdapat  lima  kecamatan terdampak banjir dengan ketinggian air yang bervariasi.

Tingginya curah hujan di kecamatan Lambitu, Desa Kuta menjadi desa yang terdampak dengan terjadi kemacetan dan akses jalan dari desa Kuta menuju desa sambori terganggu akibat tanah longsor mengakibatkan jalur jalan desa Kuta menuju desa Teta untuk sementara tidak bisa dilewati oleh roda 4. Tim masih melakukan proses pendataan oleh aparat desa setempat akibat banjir gunung di desa tersebut.

Sementara di Kecamatan  Madapangga, intensitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan air setinggi 40 cm di areal permukiman dan jalan  di desa Tonda. tidak ada korban jiwa dan warga yang mengungsi dan proses pendataan  kerugian masih berlangsung.

Selain Madapangga, akibat tingginya curah hujan di wilayah  Donggo,  Madapangga dan Bolo, tiga desa di kecamatan Bolo yaitu Desa Rato, Desa Leu  dan Desa Timu terjadi luapan air  ke areal pemukiman dan jalan akibat sungai di ketiga desa tersebut tidak bisa menampung debit air. 

Akibat intensitas hujan tinggi di kecamatan Parado dan Woha juga menyebabkan lima desa di Kecamatan Woha yaitu  Desa Risa, Desa Nisa, Desa Naru, Desa Penapali dan Desa Dadibou terjadi luapan air sungai di desa tersebut. Luapan air menggenangi areal permukiman dan persawahan tidak ada pengungsian maupun korban jiwa dalam hal bencana tersebut.

Selain kecamatan tersebut, tingginya curah hujan di wilayah Lambitu dan Palibelo menyebabkan tiga desa di Kecamatan Palibelo yaitu Desa Teke, Desa Belo dan Ntonggu juga terdampak pada beberapa RT.

 Luapan air menggenangi Desa Teke di Dusun Teke RT.01, 02 dan 03 dengan jumlah 105 KK. Demikian pula di Desa Belo, permukiman di Dusun Rato RT. 07, 08 RW. 03 dan Dusun Uma Me'e RT. 02,03,04 RW. 03 tergenang dan untuk sementara tidak ada pengungsian maupun korban jiwa dalam hal bencana tersebut.

Saat ini Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kabupaten Bima tengah melakukan pengamatan, pendataan dan kaji cepat serta penanganan darurat bencana terhadap daerah terdampak.

PUSDALOP BPBD Juga mengimbau kepada seluruh masyarakat tetap waspada terhadap Bencana gempa bumi, Banjir dan Tanah Longsor susulan, juga melaporkan langsung ke BPBD Kabupaten Bima bila ada dampak bencana akibat Gempa, Banjir bandang maupun Tanah Longsor. (MDG.01).

Load disqus comments

0 comments