HMI Cabang Dompu Raya Gelar Konferensi Cabang Ke-II Dan Musyawarah Korps HMI-Wati


Dompu NTB.  Media Dinamika Global. Id. -Rabu, 05 April 2023 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu Raya menggelar konferensi cabang ke-II dan Musyawarah Korps HMI-Wati atau KOHATI Cabang Dompu Raya. Kegiatan itu digelar di Paruga Samakai, Kabupaten Dompu, Rabu (05/04) Sore.

Konferensi ini dilaksanakan untuk meminta laporan pertanggung jawaban pengurus periode tahun ini dan sebagai momentum memilih ketua umum HMI cabang Dompu Raya periode 2023-2024.

Ketua Panitia Konferensi, Ilham melaporkan kegiatan ini bertemakan Aktualisasi HMI : Reposisi Kepemimpinan yang progresif sesuai amanah Konstitusi, dalam tema ini diharapkan bisa menjadi pendorong serta motivasi dalam menjalankan Roda Organisasi yang lebih baik, kegiatan ini juga terlaksana atas sumbangsi pemikiran, materil dari kalangan keluarga besar HMI serta pihak-pihak yang tidak terikat.

“Tentunya juga atas upaya kerja keras panitia pelaksanaan. Dan insya allah, kegiatan ini akan berlangsung tiga atau empat hari kedepan,” paparnya.

Sambutan juga di sampaikan oleh ketua KOHATI Cabang Dompu Raya, dalam agenda ini diharapkan kepada siapapun yang terpilih nanti menggantikan saya, bisa membangun gerakan intelektual baik secara internal maupun eksternal, karena kemajuan bangsa dilihat dari kemajuan kualitas intelektual perempuan" tutupnya.

Ketua Umum HMI Cabang Dompu Raya, Ajunnarfid mengatakan Proses kaderisasi bukan hanya LK I, LK II dan LK III tetapi Konferensi juga bagian dari proses kaderisasi.

Kaderisasi merupakan roh dalam ber-HMI, sehingga menjadi peningkatan potensi kader itu sendiri melalui jenjang perkaderan sebagai insan ulul albab dalam memperbaiki tatanan sosial yang diridhoi Allah SWT.


Selain itu Agenda konferensi merupakan musyawarah pengambilan keputusan tertinggi tingkat cabang serta forum pertanggungjawaban kepengurusan sebelumnya.

Dalam momentum ini, sebagai sambutan terakhir saya sebagai Ketua Umum Cabang Dompu Raya kita memaknai moment ini sebagai wadah silaturrahmi. Selain itu saya berharap Kedepannya, kepengurusan HMI dapat menutupi kekurangan kepengurusan periode saat ini,” ujarnya.

Ajun menambahkan " konferensi ini juga bisa menghasilkan keputusan terbaik untuk mencapai pemimpin yang beramanah dan tetap menjalankan tujuan HMI sebagai Insan Ulul Albab dan berlandsakan Khittah perjuangan berpedoman pada konstitusi sebagai rujukan Al-qur'an dan Al-Sunnah".

Dalam agenda Opening Ceremony itu juga disampaikan oleh Abdul Halik selaku Ketua Badko Bali Nusra “Setiap kader punya hak politiknya, silakan disalurkan. Namun jangan jadikan organisasi HMI sebagai politik praktis,” kata Halik saat membuka secara resmi acara Konfercab dan Musyawarah KOHATI HMI Cabang Dompu Raya.

Hal senada yang disampaikan oleh Alumni HMI  Kanda Firmansyah, M.Pd., Ia berharap kepada ketua umum yang terpilih ke depan lebih mengedepankan pola pengkaderan, pengkajian dan tradisi berwacana, tidak terabaikan juga fungsi Kontrol sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap bangsa dan daerah kita.

“Tanpa pengkaderan yakin dan percaya HMI pasti akan mati. Karena Roh HMI ada dalam proses kaderisasi, ujarnya.

Dari pantauan acara opening ceremony konferensi tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pengurus Organisasi Nasional yaitu GMNI, IMM, PMII dan KAMMI serta Pengurus Daerah AMAN.

Agenda Forum Konferensi dilanjutkan ditempat yang berbeda Aula SMPN 6 Woja, dimulai pada tanggal 6 April sampai dengan tanggal 8 April 2023.

Forum konferensi di hadiri oleh 3 komisariat penuh dan 1 komisariat persiapan. Komisariat jantung memiliki 4 suara penuh, komisariat Hijau Hitam dan komisariat Ulil Albab masing - masing 2 suara penuh juga komisariat persiapan 1 suara penuh, komisariat penuh masing-masing 2 peserta peninjau kecuali komisariat persiapan Lafran Pane 1 suara peninjau.


Komisariat merekomendasikan 3 bakal calon formatur yaitu Pridiman, Saifullah dan Hardimansyah, tetapi hanya 2 bakal calon Formatur yang lolos verifikasi Hardimansyah dan Saifullah.  Diakhir pleno IV rekomendasi terbanyak saudara Hardimansyah memperoleh 6 Rekomendasi dan saifullah 3 rekomendasi.(BH MDG)

Load disqus comments

0 comments