D3 Akademi Kebidanan Harapan Bunda Bima


Bima NTB, Media Dinamika Global.id.~ Akbid Harapan Bunda Bima merupakan perguruan tinggi swasta yang telah berdiri 9 tahun lalu dan hinggakini tetap survive serta tetap diakui masyarakat dan pemerintah sebagaisalah satu institusi swasta terkemuka di Nusa Tenggara Barat.

 AKBID Harapan Bunda Bima telah diakreditasi olehBAN-PT pada tahun 2012, dan mendapat peringkat C berdasarkan SK BAN PT nomor 033/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/I/2012.

Kini AKBID Harapan Bunda Bima mengajukan akreditasi institusi setelah melakukanberbagai evaluasi, perbaikan, dan kemajuan, bukan saja untuk mendapatkanpengakuan dari BAN-PT, namun juga mendapat pengakuan dari sivitas akademika, stakeholder,dan masyarakat di Indonesia.

Visi Program Studi

Akademi Kebidanan Harapan Bunda Bima pada tahun 2020 menghasilkan tenaga bidan vokasional yang kompeten dalam bidang kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana

Misi Program Studi

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang sesuai standar nasional di bidang kebidanan Melakukan penelitian pada kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencana dan terpublikasi.

Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada kajian permasalahan kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencanaMembangun kerja sama dengan pemerintah daerah, institusi pendidikan dan lembaga pelayanan kesehatan

Kompetensi Dasar Program Studi

Ahli madya kebidanan mampu dalam memberikan pelayanan kesehatan pada ibu dan anak seperti : 

Menerapkan manajemen pada setiap asuhan kebidanan baik mandiri, kolaborasi maupun rujukan , memberikan pelayanan dasar pada anak remaja dan wanita pranikah, memberikan asuhan kebidanan kepada klien selama kehamilan normal, patologi dan kegawatdaruratan , memberikan asuhan kebidanan kepada klien dalam masa persalinan normal, patologi dan kegawatdaruratan.

Memberikan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir, bayi dan balita normal, kelainan tertentu, dan kegawatdaruratan , memberikan asuhan kebidanan pada klien dalam masa nifas normal, penyulit tertentu dan kegawatdaruratan.

Memberikan asuhan kebidanan pada pelayanan keluarga berencana, memberikan asuhan kebidanan dengan gangguan sistem reproduksi.

Ahli madya kebidanan mampu dalam memberikan pelayanan kesehatan pada ibu dan anak seperti : 

Menerapkan manajemen pada setiap asuhan kebidanan baik mandiri, kolaborasi maupun rujukan , memberikan pelayanan dasar pada anak remaja dan wanita pranikah, memberikan asuhan kebidanan kepada klien selama kehamilan normal, patologi dan kegawatdaruratan.

Memberikan asuhan kebidanan kepada klien dalam masa persalinan normal, patologi dan kegawatdaruratan, memberikan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir, bayi dan balita normal, kelainan tertentu, dan kegawatdaruratan.

Memberikan asuhan kebidanan pada klien dalam masa nifas normal, penyulit tertentu dan kegawatdaruratan, memberikan asuhan kebidanan pada pelayanan keluarga berencana, memberikan asuhan kebidanan dengan gangguan sistem reproduksi.

Ahli madya kebidanan mampu menjadi penggerak masyarakat dalam bidang kesehatan ibu dan anak dengan melibatkan kader, tokoh masyarakat, tokoh agama,dan dukun beranak sebagai mitra kerja.

Ahli madya kebidanan mampu berkomunikasi secara efektif dengan perempuan,keluarga, masyarakat, teman sejawat, dan profesi lain dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak.

Ahli madya kebidanan mampu mengambil keputusan sesuai dengan prinsip managemen kebidanan pada ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, BBL, Bayi dan Balita, KB dan Kesehatan Reproduksi.Ahli madya kebidanan mampu menjadi tim dalam penelitian.(Sekjend MDG003).

Load disqus comments

0 comments