Safari Ramadhan, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau Kunjungi Lapas Kelas IIA PekanbaruP


PEKANBARU -- Media Dinamika Global Id -Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Riau, Mulyadi, melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru, Rabu (29/03/2023). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk memastikan pengamanan di Bulan Ramadhan berjalan sesuai aturan yang berlaku serta memantau dan mengikuti pelaksanaan ibadah sholat tarawih dan tadarus Al-Qur’an.

Kadivpas terlebih dahulu melaksanakan Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Masjid At-Taubah Lapas Kelas IIA Pekanbaru, selesai sholat Kadivpas langsung meninjau beberapa Blok hunian WBP didampingi oleh Kepala Lapas Pekanbaru Sapto Winarno, Kepala Pengamanan serta regu jaga dan beberapa orang petugas yang sedang melaksanakan piket tarawih.

Kadivpas menyapa satu persatu setiap WBP yang dikunjungi sambil memberikan nasehat kepada mereka agar senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtib). “Saya harap teman teman warga binaan disini dapat selalu menjaga keamanan dan ketertiban apalagi di bulan suci ramadhan ini, sehingga ibadah yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar,” pesan Mulyadi.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar bulan suci ini dapat dijadikan ajang untuk menunjukkan toleransi antar umat beragama dengan menjaga sikap dan menghargai sesama yang menjalani ibadah puasa. Lebih lanjut beliau juga berpesan kepada semua petugas agar senantiasa waspada terhadap segala kemungkinan, selalu mengecek lalu lintas narapidana yang keluar kamar baik yang melakukan sholat tarawih maupun yang melaksanakan tadarus Al-Qur’an.

“Pastikan makanan yang diterima baik untuk buka puasa dan sahur waktu pendistribusiannya sesuai dengan yang jadwalkan serta kualitas makanannya baik karena kebutuhan pokok ini merupakan hal yang sensitive. Tetap ikuti peraturan yang telah ditetapkan dengan tetap berpegang pada kode etik Petugas Pemasyarakatan,” sambungnya.

Selesai kegiatan Kadivpas menyempatkan diri berbincang bincang dengan prajurit TNI dari Batalyon Arhanud 13 yang berkunjung ke Lapas Kelas IIA Pekanbaru dalam rangka melakukan patroli sambang.

“Sinergi dengan aparat Penegak Hukum merupakan salah satu dari 3 kunci Pemasyarakatan yang selalu dilaksanakan oleh Petugas Pemasyarakatan. Semoga hubungan baik ini tetap terjalin harmonis demi memaksimalkan tugas dan fungsi dan memberi manfaat bagi masyarakat,” tutup Mulyadi.

Load disqus comments

0 comments