Johan Rosihan Berharap Bappenas Menjamin Stop dan Harga Pangan Terpantau Aman Selama Bulan Ramadhan


Jumat, 24 Maret 2023

Foto: Johan Rosihan, saat jumpa pers bersama Awak Media.

Jakarta, Media Dinamika Global.id.- Anggota Komisi IV DPR Johan Rosihan saat melakukan rapat kerja dengan Bappenas berharap agar bisa menjamin stop dan harga pangan terpantau aman selama bulan suci Ramadan hingga lebaran 2023

Meski begitu, kata Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan, Fraksi PKS Dapil NTB I (Pulau Sumbawa) tersebut, agar bisa memastikan stok dan harga pangan di pasar benar-benar aman, mengingat tingginya kebutuhan masyarakat dalam menyambut bulan Ramadan harus menjalankan distribusi dan tata kelola di lapangan dengan sebaik mungkin untuk mengantisipasi stok pangan di pasaran berkurang yang akan berdampak pada kenaikan harga komoditas pangan hingga Ramadan.

Lanjut Johan Rosihan, masalah stok dan harga pangan menjadi persoalan berulang setiap tahunnya dengan kehadiran Bappenas tersebut, bisa teratasi dengan baik melalui skema yang lebih matang mereka, yang membuat neraca pangannya mereka ini betul-betul bekerja sesuai dengan fungsinya, agar kemudian persoalan-persoalan atau kendala-kendala yang kita hadapi pada tahun-tahun sebelumnya.

Dengan adanya Bappenas tersebut, harga pangan semacam challenge buat badan pangan nasional jangan sampai persoalan sebelum dan setelah ada badan pangan nasional itu persoalannya sama saja sampai saat ini setiap berdirinya.

Saya pikir Bappenas dengan ditunjang oleh dukungan regulasi Perpres dan lain sebagainya barang pangan nasional menjadi prioritas utama selama bulan suci Ramadhan ini harus diperhatikan, harap Johan.

Saya pikir Bappenas sudah bekerja dengan baik tinggal ini bisa menjawab tantangan atau tidak menambahkan kehadiran Bappenas harus mampu menghadirkan solusi yang menyeluruh terkait permasalahan dan tantangan sektor pangan di dalam neger.

Terutama menyambut hari-hari besar keagamaan seperti bulan suci Ramadhan, dan hari - hari besar lainnya.

Ditambahkan Johan Rosihan, pangan harus menjadi perhatian utama pemerintah, terutama menjelang hari-hari besar keagamaan. Pemerintah mesti menjamin stabilisasi harga pangan ditengah kebutuhan masyarakat di bulan suci ramadhan. 

Kami melalui Komisi IV sudah berkoordinasi dengan badan pangan nasional terkait masalah ini. Di sisi lain, masyarakat juga akan menghadapi panen raya. 

Sesuai yang saya sampaikan dalam raker kemarin, pemerintah perlu segera mengantisipasi agar harga gabah agar tidak anjlok dengan cara memberikan perlindungan harga gabah yang dapat menguntungkan petani. Demikian Johan Rosihan.

Load disqus comments

0 comments