H.Johan Rosihan ST Gandeng Kementerian Pertanian RI Di Sumbawa


Foto : H. Johan Rosihan, ST, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Dapil NTB I (Pulau Sumbawa) Saat Sambutan 

Sumbawa NTB, Media Dinamika Global.id. - Petani dan Penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian perlu ditingkatkan kapasitasnya, sehingga mampu menjadi SDM yang inovatif, professional, mandiri dan berdaya saing. Atas dasar itu, sejumlah 100 orang petani dan penyuluh pertanian di KSB Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di wilayah koordinasi Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang),

Kegiatan bimtek tersebut diadakan sebagai bentuk kolaborasi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan anggota Komisi IV DPR RI H. Johan Rosihan, ST, Fraksi PKS Dapil NTB I (Pulau Sumbawa) sesuai kebutuhan di Dapil masing-masing. Hal ini disebut juga sebagai Bimtek Aspirasi.

Johan Rosihan, dalam sambutannya menyampaikan melalui bimtek ini diharapkan ada peningkatan pengetahuan, perubahan sikap dan perilaku petani dan penyuluh dalam menyikapi keterbatasan dan kendala yang dihadapi di sektor pertanian.

Termasuk di antaranya, kata dia, masalah lahan yang rata-rata satu rumah tangga petani hanya memiliki luasan areal tanam 0,4 hektare, sehingga bisa tetap survive petani harus dibekali pengetahuan dan keterampilan. “Agar untuk mampu memanfaatkan teknologi agar produktivitas pertaniannya meningkat,” ujarnya 

Lanjut Johan Rosihan Anggota DPR RI Komisi IV yang juga dari Fraksi PKS ini, menyeru kepada peserta bimtek agar bangga menjadi petani. Pasalnya, menurut alumni Universitas Mataram ini, bertani adalah tugas ilahiah.

“Kita harus bangga jadi petani, karena salah satu alasan Tuhan itu disembah karena terkait dengan pangan, Dialah yang memberi kalian makan,” tegas politisi asal Sumbawa ini.

Ia menegaskan bahwa pengembangan sumberdaya manusia penting untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depan.

“SDM pertanian menjadi faktor pengungkit peningkatan produktivitas sektor pertanian, karenanya perlu ditingkatkan kapasitasnya melaluu Pelatihan ini” ungkapnya.

Acara bimtek yang juga dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI, H. Johan Rosihan, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang), Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa, Petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

“Kegiatan ini sangat berguna sekali dan semoga kedepan akan lebih banyak lagi petani dan penyuluh yang terlibat,” ujarnya. (MDG003).

Load disqus comments

0 comments