Deteksi Dini Jelang Ramadhan 1444 H, Petugas Lapas Kelas IIA Pekanbaru Lakukan Pengecekan dan Penggeledahan Kamar WBP



PEKANBARU -- Media Dinamika Glonal.id-Sebentar lagi kita akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H, bulan suci ini sangat dinanti nantikan oleh seluruh umat muslim tidak terkecuali bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru. Kedatangan bulan suci ini memberikan arti dan kerinduan tersendiri bagi WBP terutama kepada keluarga, pada momen-momen seperti inilah potensi kerawanan dan gangguan kamtib cenderung meningkat.

Oleh sebab itu perlu dilakukan langkah langkah deteksi dini untuk mencegah gangguan kamtib tersebut. Selasa pagi (14/03/2023), jajaran Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) dan Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) melakukan pengecekan kamar hunian warga binaaan mulai dari instalasi listrik dan air mengingat hal tersebut menjadi salah satu kebutuhan pokok WBP sehingga petugas harus memastikan kondisinya dalam keadaan baik. Kemudian mengecek kondisi bangunan apakah memerlukan perawatan sekaligus mengecek barang-barang terlarang.

Kegiatan pengecekan kali ini dilakukan pada kamar khusus yakni straff sel (sel hukuman) yang dihuni oleh WBP yang melakukan pelanggaran disiplin di dalam lapas. Dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Aris Yuliyanta, kegiatan pengecekan dan penggeledahan kamar hunian WBP dilakukan dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban yang ada di Lapas Kelas IIA Pekanbaru dan perintah langsung Kalapas Kelas IIA Pekanbaru terkait persiapan menyambut bulan suci ramadhan.

Kegiatan pengecekan dan penggeledahan ini merupakan salah satu dari bagian tugas kita dalam hal mengantisipasi terhadap berbagai hal yang bisa mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban, hasilnya kita tidak mendapatkan barang-barang yang dilarang masuk ke dalam Lapas. Selain melakukan razia, kita juga tetap melakukan pemeriksaan ketat terhadap barang dan orang yang masuk melalui P2U,” ucap Aris.

Sebelum pelaksanaan razia, Aris juga menyempatkan memberikan arahan terhadap WBP penghuni kamar mengenai aturan-aturan yang ada di dalam lapas serta mengajak kepada seluruh WBP untuk turut serta menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan lapas.

Saya mengharapkan kepada teman teman semua untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban dan kooperatif selama berjalannya proses penggeledahan. Setelah kegiatan pengecekan ini juga langsung dilakukan perawatan perawatan ringan khususnya untuk instalasi air dan listrik. Sedangkan untuk kegiatan penggeledahan kamar tidak ditemukan barang barang terlarang yang masuk ke kamar khusus straff sel (sel hukuman) tersebut,” tutup Aris.

Load disqus comments

0 comments