Berkat Kepemimpinan H. Muhammad Lutfi, Pemkot Bima Dapatkan Anugrah dari Kemenko PMK RI.


Kota Bima. Media Dinamika Global-id. Tekad H.Muhammad Lutfi, SE membawa perubahan untuk Kota Bima benar-benar diwujudkan melalui tindakan nyata. Secara bertahap, Kota Bima terlihat mengalami perubahan dari berbagai sektor tak terkecuali pada aspek Kesehatan.

Hal itu dibuktikan dengan jumlah masyarakat Kota Bima yang terakomodir dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JPN). Rabu, (15/03/23)

Hingga tahun ini, sebanyak 155.636 atau 99,27 persen masyarakat Kota Bima sudah mendapat Jaminan Kesehatan. Jadi masih tersisa sebanyak 369 Jiwa, itu akan dituntaskan dalam satu – dua Tahun kedepan. Semua ini semata-mata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan.

Berkat hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dibawah kepemimpinan H.Muhammad Lutfi (HML) dianugerahi penghargaan Universal Health Converage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Ahmad S.Sos mewakili Wali Kota Bima pada Selasa 14 Maret 2023 di Balai Sudirman, Jakarta.  

Ahmad menyampaikan, pemberian penghargaan UHC untuk Kota/Kabupaten karena dinilai telah melindungi masyarakatnya mendapatkan jaminan kesehatan minimal 90 persen. Saat ini, jumlah masyarakat Kota Bima yang sudah memperoleh jaminan kesehatan yakni sebanyak 156.636 atau 99,27 persen.

Penghargaan UHC secara garis besar merupakan bentuk apresiasi Pemerintah terhadap layanan kesehatan yang mudah diakses bagi semua pihak pada setiap Daerah. Penghargaan tersebut menjadi salah satu bentuk komitmen Pemkot Bima dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada hampir seluruh penduduk Kota Bima yang telah terdaftar pada program JKN.

Selain itu juga sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara semua pihak dalam mendukung prgram prioritas serta strategis nasional. Sebab, tugas pokok pemerintah daerah adalah mendukung penuh program prioritas nasional yang bermanfaat luas bagi seluruh masyarakat. (MDG 002)



Load disqus comments

0 comments