Diduga Kadis Perijinan Ikut Dukung Pencemaran Lingkungan


Rokan -hilir. Media Dinamika Global. Id. -Diduga kadis perijinan ikut dukung pencemaran lingkungan di sei ambacang desa balai jaya, kecamatan balai jaya, kabupaten Rokan hilir. Pasal nya kadis perijinan cici lestari telah mengeluarkan surat ijin kandang ayam berkah rezki yang di usahain oleh kasgoro yang berdomisili di bagan batu, kecamatan bagan sinembah. Hal ini jangan dianggap sepele karena warga tempatan yang kenak dampak nya

Yang mana  warga menganggap hanya menguntungkan  secara sepihak dan menabur kuman penyakit di wilayah lingkungan pemukiman warga. Dan warga menilai dari pemberitaan media online berita investigasi nasional pada bulan Januari yang lalu bahwa pengeluaran surat ijin kandang ayam berkah rezki tidak melalui jalur sesuai dengan undang undang berlaku. Ucap warga. 

Bahkan ada dugaan aparat desa dan kadis perijinan telah menerima suap atas pengeluaran surat kandang ayam berkah rezki yang di urus pelaku usaha tempo lalu. 

Karena tanpa melakukan surpe surat ijin usaha tersebut sudah keluar. Wajar saja kalau ada dugaan penyuapan tersebut", terang mahluddin ritonga. Pada tanggal 05 /02/23 minggu, 

Awak media dapat panggilan melalui seluler warga agar datang ke sei ambacang di salah satu rumah warga sei ambacang, agar dapat kira nya hadir di tempat Kita "sebagai kontrol sosial siap untuk turun kelapangan bila mana di butuh kan warga ujar mahluddin ritonga kepada warga yang menghubungi" Terang mahluddin ke awak media. 

Dalam pertemuan yang singkat, warga sempat curhat kepada awak media "dulu saya ikut pak untuk membuat kandang ayam ini, dan setelah itu saya bekerja sebagai tukang bersih kan tai ayam ber sama istrku selama setahun lebih kurang itu pun saya di pecat. Karena ada datang dari labuhan batu untuk menggantikan posisiku,Arti kata  kerja TAI  pun di pecat  ucapan warga ke awak media. jadi dalam hal itu saya terpaksa cari kerja lain lah ucapan warga"

Dan  berbagai pendapat lain nya dari warga, kandang ayam tersebut tidak ada guna nya itu buat kita, hanya menguntungkan sepihak aja itu, dan juga hanya menabur penyakit di lingkungan dan menimbulkan aroma bau tak sedap dan membuat kita tidak merasa nyaman kata yang lain, kami sudah membuat sepakat tanda tangan keberatan dengan kandang ayam tersebut. 

Agar dapat kira nya di sampaikan ke dinas lingkungan hidup dan dinas perijinan terkait dengan surat ijin yang di keluarkan oleh kadis perijinan kabupaten Rokan hilir, cici lestari. Dan warga menduga aparat desa pun ikut sekongkol untuk ikut sebahat dengan pengusaha agar surat ijin nya bisa keluar. Kenapa sebagai aparat desa tidak ada sanggahan pada pertemuan di kantor camat pada bulan Januari yang lalu "Padahal tanda tangan yang dibuat oleh mereka gak tau kita itu". Terang warga ada apa ya..? 

Dalam hal ini mahluddin ritonga sebagai kontrol sosial di media online berita investigasi nasional kordinator wilayah Provinsi Riau (korwil) agar dinas Provinsi terkait agar dapat kira nya memberikan wejangan atas kebijakan dan keputusan yang dibuat oleh kadis perijinan cici lestari S.k.M. M. SI. atas perjinan usaha ternak ayam yang di kelurakan nya. 

Sehingga sampai dengan saat ini, menjadi perbincangan di tengah tengah masyarakat lingkungan dan sekitar nya. Dalam kesimpulan nya keputusan yang di buat oleh kadis perijinan tidak teruji dan terpuji dalam pandangan secara umum. Mohon kepada dinas yang berkaitan di provinsi Riau agar dapat kira nya untuk ikut menindak lanjuti nya. Tutup mahluddi ritonga. (Red)

Load disqus comments

0 comments