Tarian "Magis" Turuk Langgai Sambut Pangdam I/BB di Kodim 0319/Mentawai


Mentawai. Media Dinamika Global. Id - Hari keempat kunjungannya di wilayah Korem 032/Wirabraja dilakukan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, dengan menyambangi Kodim 0319/Mentawai yang berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (9/1/2023).

Tiba di Pelabuhan Tuapeijat sekitar pukul 10.30 Wib, Pangdam beserta rombongan yang menaiki MV Mentawai Fast dari Pelabuhan Muaro, Padang, langsung disambut Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Suirwan, SIP, bersama unsur Forkopimda.

Tak ketinggalan, tarian khas Suku Mentawai, yakni Tari Turuk Langgai juga ikut menyambut kehadiran Pangdam bersama Danrem 032/Wbr, Brigjen TNI Purmanto, dan para PJU dari Kodam I/BB dan Korem 032/Wbr.

Persembahan Tari Turuk Langgai ini menjadi  atraksi khusus. Karena tarian bernuansa magis yang telah berusia 300 tahun ini, awalnya hanya ditampilkan untuk upacara pengobatan dengan melibatkan Sikerei (dukun). Namun kini, tarian istimewa itu sudah bisa ditampilkan untuk menyambut tamu penting yang datang ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pangdam pun mengaku bangga dan terhormat menerima penyambutan yang istimewa ini. Selanjutnya, Pangdam menerima laporan Dandim 0319/Mentawai, kemudian melakukan ramah tamah dengan unsur Forkopimda, serta tatap muka dengan Prajurit dan PNS Kodim 0319/Mentawai. 

Dalam arahannya, Pangdam kembali mengucapkan rasa bangga dan hormatnya kepada Dandim maupun seluruh personil Kodim 0319/Mentawai, yang meski dalam kondisi serba terbatas, masih tetap semangat dan profesional menjalankan tugas guna memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa, negara dan Rakyat Indonesia.

"Terima kasih kepada Dandim dan Prajurit sekalian. Saya titip rakyat di sini kepada kalian untuk bisa dilakukan pembinaan dan ditingkatkan kesejahteraannya," ucap Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengakhiri arahannya. 

Tampak hadir di acara, antara lain Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, Sekdakab Kepulauan Mentawai, Rinaldi, Danlanal Mentawai, Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Mu’at, Kakansar Mentawai Akmal, serta jajaran OPD lainnya. 

Sumber: Pendam I/BB

Load disqus comments

0 komentar