Patroli Rutin, Satpolairud Polres Bima Himbaukan Tentang Pelayaran pada Cuaca Ekstrim


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Meski Kasat Polairud Polres Bima Polda NTB, Iptu Ahmad menghadiri acara pisah sambut antara Kapolres Bima yang lama, AKBP Heru Sasongko, S.I.K. ke Kapolres yang baru, AKBP Hariyanto, S.H., S.I.K. di Mapolres Bima, namun tidak mengendorkan personil anggotanya dalam melakukan patroli perairan rutin. Sabtu, (07/01/23).

Patroli perairan Sat Polairud polres bima kali ini, juga merunut pada instruksi Kapolres Bima, terkait penguatan Tim guna mencegah tindak kejahatan di wilayah perairan Bima, serta untuk menjamin ketertiban dan keselamatan para pengguna jasa perairan.

Sekurangnya 8 personil diterjunkan dengan menggunakan Kapal Patroli C2 (XXI-2009), C3 (XXI-1013), dan C3 (XXI-1019).

Kapolres Bima, AKBP Haryanto, SH, S.I.K, melalui Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka, menyampaikan patroli tersebut juga dilakukan terkait maklumat Direktorat Jendral Perhubungan Laut. No.Al.202/15/DJP/2022 Tentang pengawasan kapal berlayar pada cuaca ekstrim.

“Para personil juga menghimbau para Nakhoda dan Kru Kapal untuk mematuhi maklumat Direktorat Jendral Perhubungan Laut. No.Al.202/15/DJP/2022,” ujar Adib.

Himbauan terkait maklumat tersebut, antara lain, pertama, Nahkoda diwajibkan tetap memantau kondisi cuacasebelum mengajukan surat persetujuan berlayar (SPB) kepada syahbandar.

Kedua, setiap kapal yang berlindung karena cuaca buruk segera melaporkan kepda syahbandar dan SROP terdekat dengan menginformasikan posisi kapal kondisi kapal dan hal yang penting lainnya.

Ketiga, agar setiap keberangkatan kapal dapat dipastikan stabilitas kapal positif dengan penempatan muatan yang memperhitungkan stabilitas kapal.

Sementara itu anggota jaga Sat Polairud Bima melaksanakan Harwat mesin kapal C2 dan bodi fiber kapal di dermaga Bajo demi memperpanjang usia pake barang inventaris kantor. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar