Mahasiswa KKN Unram Mengadakan Sosialisasi "Internet Cakap" di Desa Surabaya Utara


Lombok Timur, Media Dinamika Global.Id.__
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram mengadakan sosialisasi Cerdas,Kreatif, dan Produktif (INTERNET CAKAP) di Aula Kantor Desa Surabaya Utara dan
 di Aula Sekolah Madrasah Darul Mushinin pada hari Sabtu, 21 Januari dan Rabu, 25 Januari 2023.

Tutur hadir, 250 peserta yang terdiri dari perangkat desa Surabaya utara, siswa, karang taruna, remaja masjid, kelompok ibu PKK, dan masyarakat umum yang ada di Desa Surabaya Utara dan di hadiri juga oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lombok Timur dan Kementerian Desa.

Ketua KKN Desa Surabaya Utara Ilham Muziburrahman mengatakan, Saat ini cyber crime menjadi tren yang marak di dunia maupun di Indonesia. Berkembang pesatnya teknologi menimbulkan dampak positif dan juga dampak negatif.

"Dampak positif dari berkembangnya teknologi dapat memudahkan manusia untuk melakukan kegiatan-kegiatan melalui dunia cyber seperti e-banking, e-commerce, e-travel dan lain sebagainya," ungkapannya.

Disisi lain, Lanjut Ilham Muziburrahman, memiliki peluang untuk digunakan sebagai alat melakukan kejahatan di dunia cyber. Konsekuensinya adalah bagaimana meningkatkan keamanan cyber secara efektif dan efisien Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting dalam mengatasi cyber crime.

"Salah satu cara meningkatkan pemberdayaan SDM dengan cara mengedukasi masyarakat melalui kegiatan sosialisasi," ujarnya.

Sambungnya, Kegiatan sosialisasi “Internet Cakap” ini kami adakan semata-mata untuk menigkatkan pemahaman masyarakat desa Surabaya utara terkait pemanfaatan internet sehingga dapat mendorong masyarakat memanfaatkan internet sebagaimana mestinya, serta untuk memenuhi program kerja Kuliah Kerja Nyata dengan tema “Desa Digital”. 

Ada 3 (Tiga ) hal positif yang dapat kita ambil dari hadirnya Teknologi Internet termasuk media sosial” antara lain.
1. Dengan hadirnya internet kita harus dapat memanfatkanya secara bijak agar mendapat informasi sesuai kebutuhan untuk menambah wawasan maupun pengetahuan.
2. Dituntut cerdas dalam memanfaatkan content internet mengakses informasi yang positif dan bermanfaat.
3. Teknologi dapat memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan penghasilan. (ungkap ketua KKN Desa Surabaya Utara) Ilham Muziburrahman.

Menurut Kepala Desa Surabaya Utara, Ahmad Rusdan yang turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini mudah mudahan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat desa Surabaya utara terlebih khusus nya bagi generasi Surabaya utara terkait penggunaan internet. Ucarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Lombok Timur mengatakan, Seperti yang diketahui, internet memberikan dampak positif dan juga negative bagi para penggunanya. Dengan adanya Kehadiran internet cakap juga disosialisasikan kepada orangtua dan guru karena pemanfaatan internet juga merupakan tanggung jawab orangtua dalam mengawasi putra-putrinya agar terhindar dari konten negatif, dan mendorong untuk lebih cerdas dalam menciptakan kreativitas. 

"Kegiatan sosialisasi internet cakap ini dilaksanakan dengan dukungan kerja sama dari pihak Pemerintah Desa Surabaya Utara, Pihak Sekolah Madrasah Darul Mushinin, Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Lombok Timur, Kementrian Desa Melalui Duta Digital Lombok Timur ikut serta sebagai Narasumber yang hadir pada kegiatan sosialisasi ini," tuturnya.

Sambungnya, Tentu dengan digelarnya sosialiasi Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif ini, peserta yang turut hadir dalam acara tersebut dapat menularkan pengetahuan yang didapatkan kepada masyarakat sekitarnya sehingga kedepannya masyarakat dapat mendayagunakan penggunaan internet untuk kegiatan-kegiatan positif secara cakap, pungkasn Kepala Dinas Kominfo Lombok Timur (MDG.01).
Load disqus comments

0 comments