Kapolres Bima dan Danyon Brimob Bima Berhasil Tenangkan Massa yang Hendak Menghakimi Pasangan Selingkuh


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Pasangan selingkuh yang digerebek warga Desa Bontokape Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dini hari Pukul 00.30 Wita, nyaris dihakimi massa. Jum’at (13/1/23)

Untungnya, Kapolres Bima, AKBP Hariyanto, SH, S.I.K, bersama Danyon C Pelopor Sat Brimob NTB, AKBP Zulkarnain, S.I.K, yang tak kenal waktu ini terjun langsung ke TKP.

Alhasil, massa yang awalnya bertekad menghakimi pasangan selingkuh yang tertangkap basah warga itu, berhasil ditenangkan oleh kedua petinggi Institusi penegak hukum di Bima tersebut lewat pendekatan yang humanis.

Di tengah kerumunan warga, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda setempat, Hariyanto dan Zulkarnain secara bersama-sama menghimbau warga agar tidak melakukan tindakan main hakim sendiri, yang nantinya akan membuat warga sendiri tersandung hukum.

Untuk itu keduanya meminta menyerahkan kasus terkait kepada pihak kepolisian, serta meminta warga agar kedua terduga pelaku dapat dibawa ke Mapolres Bima tanpa gangguan, agar kasusnya bisa segera dituntaskan secara hukum.

Karena mereka terjun langsung demi penegakkan hukum dan kemanusiaan.

“Jiwa raga kami ini untuk kemanusiaan,” seru Hariyanto, yang mantan Danyon A Pelopor Satbrimob Polda NTB tersebut yang turut diamini Zulkarnain.

Keduanya kembali menekankan, kehadiran personil Polres Bima dan Sat Brimob di TKP juga bermaksud untuk membantu warga agar tidak tersandung masalah hukum akibat tindakan main hakim sendiri.

Wargapun akhirnya mampu ditenangkan. Tak hanya kepada warga, Hariyanto dan Zulkarnain juga menekankan anggotanya agar apapun yang terjadi, tetap mengedepankan aspek humanis.

Pada akhirnya, proses evakuasi dua terduga pelaku berinisial SJ (L/37) dan EY (P/40) yang dilakukan oleh Sat Brimob dan Personil Polres Bima, meski berlangsung dramatis namun berhasil dituntaskan dan langsung dibawa ke Mapolres Bima untuk ditindaklanjuti.

“Meski massa mampu ditenangkan, namun untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, kedua terduga pelaku kita samarkan dengan memakaiakan mereka dengan seragam polisi,” ungkap Haryanto, sesampainya di Mapolres Bima, sebagaimana dikutip Kasi Humas, Iptu Adib Widayaka. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar