APMU-PTMA Gelar Rakornas di Jawa Barat, "Wujudkan Komitmen PTMA Unggul"


Jawa Barat, Media Dinamika Global.Id. --
Asosiasi Penajaminan Mutu Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah (APMU-PTMA) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional dengan 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Asiyiyah se-Indonesia di Hotel Grage Cirebon Jawa Barat yang berlangsung dari tanggal 13-15 Desember 2022.


Kegiatan Rakornas yang dirangkai dengan penandatanganan MoU dengan 172 PTMA ini yang mengangkat tema “Penguatan Asosiasi Penjaminan Mutu (APMU) dan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Menuju PTMA Unggul”.

Kegaitan ini dihadiri oleh peserta perwakilan PTMA se-Indonesia dan Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, SE.,M.Sc.,Ph.D, APMU,  Dewan Eksekutif BAN-PT (Prof. Johni Najwan, S.H, M.H, Ph.D); Dewan Eksekutif Lembaga Akreditasi Mandiri yang terdiri dari Dewan Eksekutif LAMEMBA (Prof.Dr.Ina Primiana F.M., S.E., M.T), Dewan Eksekutif LAM-Teknik (Prof.Dr.Ir.Hari Purnomo, M.T), Dewan Eksekutif LAMDIK (Prof.Dr.Harun Joko Prayitno, M.Pd), dan Dewan Eksekutif LAM Infokom (Prof.Zainal Arifin Hasibuan, MLS, Ph.D).

Ketua Majelis Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, SE.,M.Sc.,Ph.D memberikan motivasi agar seluruh PTMA dapat bergerak secara serentak dan kolaboratif menuju PTMA unggul menjadi center of excellence dan pusat prestasi - inovasi bagi bangsa dan lahirnya generasi unggul Indonesia masa depan. 

"Keberadaan APMU sangat strategis karena sebagai penggerak dan penjamin mutu perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah, lanjut ekonom yang juga mantan DEKAN FEB UGM ini," ungkapannya.


Selain itu juga, Untuk berkolaborasi memberikan materi dan penguatan – penguatan antara lain terkait Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi berbasis PPEPP, Sertifikasi Auditor Mutu Perguruan Tinggi dan Benchmarking tentang Tata Kelola Organisasi Penjaminan Mutu, agar ikhtiar kolektif PTMA menuju PTMA unggul baik secara nasional bahkan internasional benar-benar dapat diwujudkan, tuturnya.

Sementara, Ketua APMU-PTMA Evi Rahmawati, M.Acc.,Ph.D.,AK. menuturkan bahwa kegiatan Rakornas perdana ini sekaligus mengirimkan pesan kepada kita semua bahwa perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) benar – benar serius untuk mewujudkan PTMA yang unggul dan berkemajuan itu, karena itu merupakan syarat utama dalam mensukseskan program Indonesia Emas 2045, sebab tidak mungkin kita dapat melahirkan generasi emas jika perguruan tinggi kita masih kalah jauh dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki kompetitor internasional kita. 

"Semua PTMA harus bergerak serentak dalam berfastabiqulkhairaat menuju akreditasi unggul termasuk mulai menyiapkan perangkat dan sumber daya untuk meraih akreditasi internasional, hanya dengan cara itu kita akan melampaui pesaing internasional kita," tutupnya. 
 
Selain Ketua APMU-PTMA, Sekertaris APMU-PTMA DR. Junaidin, M.Pd yang menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menyampaikan  terimakasih yang tinggi atas dukungan dan apresiasi berbagai pihak baik teman-teman perwakilan PTMA, tim Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Dewan Eksekutif BAN PT dan LAM dan berbagai pihak yang telah bekerja cerdas dalam mensukseskan kegiatan Rakornas ini.

"Ini ikhtiar bersama ikhtiar berkemajuan menuju PTMA  unggul dan berkualitas tinggi kedepan," tutupnya. (Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 comments