Sekolah SDN se-Kec. Soromandi Serentak Lakukan ANBK di Sekolah Masing-masing


Soromandi. Media Dinamika Global. Id. - Sekolah SDN se-Kecamatan Soromandi Serentak Lakukan ANBK di Sekolah Masing-masing. Kegiatan ANBK siswa/(i) SDN SAI cukup tenang dan lancar. Semuanya sudah bisa mengisi soal dengan Leptop. Seperti SDN SAI, SDN Inpres SAI,SDN Inpres Riando,dan SDN Soncoluka serta SDN lainnya yang ada di Kecamatan Soromandi beberapa hari yang lalu (04/11).

Hampir semua Sekolah Pendidikan Dasar yang ada di Wilayah Kab.Bima hari ini tengah melakukan Kegiatan yang disebut ANBK. ANBK ini tentunya dilaksanakan setiap Tahun di Masing-masing Sekolah,dengan Jumlah Siswa dan Siswi Bervariasi. Ada yang Puluhan bahkan ada yang Ratusan.

Nampaknya dalam Kegiatan Kali ini,kami Awak Media tengah berada di salah satu Sekolah SDN Soncoluka yang Keberadaannya cukup jauh dari Induk Desa Sai tepatnya Bagian Utaranya Pekuburan Umum Desa Sai namanya Dusun Wila Desa Sai Kec.Soromandi Kab Bima NTB.

Kemudian dapat kami jelaskan terlihat sekali bagaimana Peran Kepala Sekolah dan Guru terutama Guru Pembimbing dan Pembinanya memulai dengan Memberikan Contoh yang Simple terkait dengan cara Melakukan Kegiatan Ujian ini meskipun sebelumnya telah membetahukan dan atau mengajarkannya.

Kepala Sekolah SDN Soncoluka Bapak Mansyur,S.Pd dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Kegiatan ANBK ini adalah dilaksanakan setiap Tahunnya,kemudian Pelaksanaan Kegiatan Kali ini Cukup Puas meski Hasilnya Nanti belum Ketahui berapa Prosentase tingkat Pemahaman Siswa dan Siswi terhadap Ujian yang menggunakan Komputer ini.

Apalagi di era 5.0 ini sangat tidak elegan kalau kita semua tidak mengenal,memahami Ilmu Komputer sebagai Ilmu Dasar kita untuk Memahami Konseptual itu,coba kita lihat sekarang ini bahwa kita dituntut untuk mengetahui secara total Ilmu Komputer itu,tujuannya adalah agar setiap Perangkat Pembelajaran seperti Pembuatan RPP dan Silabus itu Wajib Hukumnya di Ketahui.

Karena sejujurnya seorang Guru Wajib Mengetahui dan Memahami Ilmu Komputer sebagai Ilmu Dasar kita,bukan seperti kita dulu,kalau dulu kami Belajar mengukir di atas batu,setelah dihafal lalu di hapus jika dibandingkan saat ini sangat jauh sekali. Inilah perbedaan Mendasar Belajar Dulu dan sekarang ini. Tuturnya

Masih menurut Kepala Sekolah yang Murah Senyum ini membandingkan perbedaan Sekolah Dulu dengan Sekarang,sekali lagi saya ingin bercerita bagaimana Sekolah dibawah Pohon dengan Papan selembar Triplek bahkan terkadang hanya Ukiran di Batu saja. Apalagi Dulu belum ada Sekolah semewah dan semegah ini. Dulu hanya beratapkan Kain saja sudah dianggap lumayan,sekali-sekali saya harus belajar di bawah Pohon.

Ini menunjukkan betapa sederhananya Dulu dengan sekarang,tetapi bagaimana dengan Ilmunya ? Bapak Mansyur ini menjelaskan dengan Nada yang penuh semangat bahwa Ilmunya dulu dan sekarang Berbeda,kalau dulu Metode yang digunakan adalah metode Inkuiri istilah sekarang,dulu Namanya Hafalan. Tetapi kebanyakkan kita paling berhasil ada yang jadi TNI,Polri,PNS dan bahkan Pegawai yang lainnya.

Di era 5.0 ini kita semua dituntut untuk menguasai di segala lini,misalnya saja yang saat ini tengah berlangsung yaitu Siswa dan Siswi dihadapkan dengan Ujian Menggunakan Komputer tanpa ada Panduan dari Gurunya sendiri,cukup mengklik sesuatu langsung muncul di Layar Komputer,ada Soal dan ada langsung Jawabannya. Inilah Dunia kita penuh dengan Dinamika tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Bebernya

Dalam kesempatan lain salah seorang Guru yang berhasil di Wawancarai oleh Awak Media ini Bapak Mujakir,S.Pd mengatakan bahwa kegiatan ANBK kali ini cukup luar biasa. Pasalnya beberapa Siswa dan Siswi sebelumnya kami buat sebuah simulasinya,mengajarkan bagaimana cara memegang Mousenya, mencari Program Pilihannya hingga Cara Mengerjakan Soal dan lainnya.

Sebelumnya kami telah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan Ujian ini,salah satu di antaranya adalah Monitor dan Komputer masing masing-masing Siswa dan Siswi kemudian memastikan Wifi yang siap pakai secara Optimal,serta Ruangan dalam keadaan sterilisasi. Karena dikhawatirkan dapat mengganggu dalam Ujian Siswa dan Siswi ini. Ungkapnya


Sementara kewajiban Siswa dan Siswi ini selama berlangsungnya Kegiatan ini agar Fokus dan serius menyelesaikan soal-soal yang ada di dalam Menu yang di berikan oleh Satuan Pendidikan itu sendiri. Dan selanjutnya kewajiban bagi Para Guru adalah melihat,memantau,dan memberikan Tips kepada Siswa dan Siswi yang benar-benar membutuhkannya.(Nas MDG).
Load disqus comments

0 komentar