Rektor Umbo: Peresmian dan Pelantikan Rektor Universitas Mbojo Bima dihadiri LLDikti, Ini Pesannya !


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. - Beberapa Pekan Lalu STISIP Mbojo Berubah Status Menjadi Universitas Mbojo Diresmikan. Peresmian Universitas Mbojo (UMBO) Bima, secara simbolis oleh Ketua Yayasan H. Muhtar Yasin, dan Melantik Rektor Universitas Mbojo (UMBO) Bima, Dr. Rifaid, yang berlokasi di Aula Kampus STISIP Mbojo Bima, Kelurahan Mande I, Kec Mpunda, Kota Bima.(18/11).

Peresmian ditandai dengan pelantikan Rektor Universitas tersebut secara simbolis, Pelantikan tersebut di helat di gedung kampus yang berjas orange tersebut.

Sementara itu, Rektor Universitas Mbojo Bima Bapak Rifaid, M.Si saat di wawancarai Media ini di Ruang Kerjanya usai dilantik tadi pagi,mengatakan rasa syukurnya kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada semuanya terutama kepada Saya yang baru saja mendapatkan Tugas dan Tanggung jawab baru sebagai Rektor di Kampus ini.

Ini sesuatu yang luar biasa bagi Saya dan Kampus ini,sebab acara Pelantikan kali ini nampaknya dihadiri oleh seluruh Stakeholder seperti perwakilan dari Jajaran Pemerintah hingga Para Alumni dan Dosen serta Mahasiswa dan Mahasiswi Kampus ini. Kegembiraan menjadi babak baru bagi kami yang kemudian selanjutnya akan lebih meningkatkan lagi dalam Dunia Pendidikan.

Universitas Mbojo (UMBO) Bima ini adalah Perguruan tinggi baru yang merupakan perubahan bentuk dari STISIP Mbojo Bima menjadi Universitas Mbojo (UMBO) Bima. kita harus membekali terutama kompetensi adab 4 yang biasa kita sebut, yakni pertama kreatif thingking atau berpikir kreatif, yang kedua kritikal thingking and problem solving atau berpikir kritis dan pemecahan masalah, ke tiga kemampuan mahasiswa berkomunikasi dan yang ke empat kemampuan mahasiswa berkolaborasi.

Kompetensi 4c tersebut, dapat kita tanamkan sebagai dosen proses belajar mengajar didalam kelas, kedepannya dapat bersaing dengan Universitas-Universitas lain di NTB, kemaren 2 Prodi sekarang Universitas Mbojo (UMBO) Bima sudah 6 Prodi, dapat bersaing dengan Universitas yang ada di Indonesia.

Rektor Universitas Mbojo (UMBO) Bima baru, Dr. Rifaid, mengucapkan terimakasih banyak kepada Ketua Yayasan STISIP Mbojo Bima, H. Muhtar Yasin atas dilantiknya saya sebagai Rektor Universitas Mbojo (UMBO) Bima, rekan - rekan pengurus.

Ini menjadi sejarah baru dan yang pertama. Saya titipkan 3 hal penting kepada Rektor, untuk menjadikan lulusan UMBO yang terbaik, bersama yayasan terus untuk melakukan investasi SDM dalam kontek kuantitas dan aspek kualitas, Kualifikasi, karir dosen terus didukung dan juga memadai, sebagai universitas baru, maka harus menjadi universitas yang senantiasa taat Azaz, semuanya harus berjalan dalam satu visi dan misi yang sama, kepentingan institusi harus dikedepankan diatas kepentingan pribadi dan kelompok.

Dan harus taat statuta perguruan tinggi. Jadikanlah UMBO yang taat mutu, oleh karena itu, sistem mutu internal dan eksternal harus terkelola dengan baik. Saya yakin kalau tiga hal tersebut dijalankan universitas ini akan menjadi terus bisa berkembang dengan orientasi menghasilkan lulusan yang berkualitas, sekali lagi saya mengucapkan sukses selalu. Pungkasnya

Di sisi lainnya, Ketua Yayasan Muhtar Yasin, mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT karena kampusnya sudah mengantongi izin dari Kemendikbudristek dan sekarang bisa menjadi Universitas Mbojo (UMBO) Bima, serta lantik Rektor baru.

Lanjutnya, beliau menjelaskan perjuangan untuk membangun Universitas, sudah dilakukan sejak tahun 1981 lalu. Beliau juga ingin kedepannya Rektor dan semua dosen di Universitas Mbojo (UMBO) Bima bisa memiliki kemauan untuk mengembangkan dan mengedukasi.

Saya ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Rektor Baru, Dr. Rifaid, beserta pengurus baru saya lantik hari ini, ini menjadi sejarah buat kita semua.

Mudah - mudahan Universitas Mbojo (UMBO) Bima, menjadi kepercayaan baik itu masyarakat Provinsi NTB khususnya dan Indonesia umumnya, terimakasih juga kepada panitia penyelenggara hingga acara ini berjalan lancar. Tutupnya

Sementara itu, Wali Kota Bima diwakili oleh Sekda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa, MH, dalam arahannya menyampaikan selamat atas perubahan status STISIP Mbojo menjadi Universitas Mbojo (UMBO) Bima. Selamat atas perubahan status ini, saya sebagai Mantan Mahasiswa di Kampus atau Alumni ini, merasa sangat Bangga, ucapnya.

Beliau juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Dr. Rifaid, sebagai Rektor Pertama di Universitas Mbojo (UMBO) Bima. Semoga menjadi Rektor terbaik dalam perjalanan Universitas Mbojo (UMBO) Bima.


Muhtar mengatakan banyak Alumni yang menduduki jabatan strategis di Birokrasi- birokrasi baik Kota Bima, maupun Kabupaten Bima, Dompu bahkan diluar Daerah kita itu sendiri.

Sehingga ia merasa Optimis, setelah perubahan status ini, akan semakin banyak Alumninya yang berdikari membangun Daerah Bima - Dompu, lebih baik kedepannya.

Peresmian Universitas Mbojo dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah Kota dan Kabupaten Bima dan beberapa unsur pimpinan perguruan tinggi yang ada di Bima Dompu.(Ady MDG).
Load disqus comments

0 komentar