Warga Jatibaru Kota Bima Tidak Pernah Lupa Tradisi Buat Batu Bata


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. - Warga Kelurahan Jatibaru Kota Bima Tidak Pernah Lupa Tradisi Buat Batu Bata. Pembuat Batu ini tidak pernah lelah dalam melakukan Kegiatan tersebut. Pembuat Batu Bata ini tidak sembarang membuat melainkan ada Pesanan khusus untuk pemanfaatan Proyek atau Bangunan lainnya sebab membuat Batu Bata bukanlah masalah yang sederhana tetapi membutuhkan proses yang cukup panjang. (31/10)

Berikut ini Wawancara Khusus oleh Media ini kepada Pembuat Batu Bata yang sudah lama melang-lang buana atau ahlinya !

Sejak kapan Bapak Menjadi Pembuat Batu Bata di tempat ini, berapa harganya dan bagaimana Proses Pembuatan Batu Bata itu sendiri?

H. Muhammad Saleh yang merupakan Ahli Pembuat Batu Bata saat di Wawancarai oleh Media ini menceritakan sebagaimana pertanyaan di atas mengatakan bahwa saya Mewakili Teman yang lainnya melakukan kegiatan ini sudah sangat lama sekali,saya dan teman saya membuat sebuah Kelompok yang di beri Nama Kelompok "Batu Bata Jatibaru".

Kelompok ini bertujuan untuk melakukan kegiatan secara bersama sesuai dengan kebutuhan Konsumen baik melalui Organisasi, Instansi,maupun perorangan guna mecetak dan atau membuatnya secara cepat dan tepat,sehingga kegiatan ini terorganisir dengan baik.

Demikian proses Pembuatannya yaitu dimulai dari Persiapan Tempat yang memadai agar kemudian tempat tersebut setelah di Buat atau di Cetak lalu di jemur dengan baik. Apabila Hujan mulai turun kami siapkan terpal sebagai pelindung.

Saya ingin menceritakan bagaimana proses Pembuatan Batu Bata yang baik dan benar,selain tempat yang memadai juga yang paling tidak mudah membuat Batu Bata ini yaitu mengolah Tanah selama beberapa hari dengan di campuri oleh Ampas Padi atau sisa Gergaji yang kemudian di olah dengan baik terutama Tanah tersebut dipastikan tidak ada kerikil atau lainnya.

Beberapa saat kemudian, saya dan kami semuanya secara berjamaah membuat bagai adonan atau roti. Kemudian direndam semalam dan pagi harinya kamu memulai mencetaknya. Cetusnya

Pantauan langsung Media ini terlihat banyak Pembuat Batu Bata yang antusias mencetak Batanya.(Agus MDG).
Load disqus comments

0 komentar