Pacuan Kuda, Perebutan Piala Wali Kota Bima Tahun 2022


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Dalam rangka rencana gelaran Pacuan Kuda, Wali Kota Bima H. Muhanmad Lutfi, SE (HML), akan membuka secara resmi, pada hari Minggu 2 Oktober 2022. Peserta akan memperebutkan Piala Wali Kota. Sabtu, (01/10/22).

Ketua Panitia Pelaksana Pacuan Kuda Kota Bima Sudirman DJ, SH yang diwawancara media online Bimantika Jum’at malam 30 September 2022 menyebutkan bahwa Pacuan kuda yang dilaksanakan nya saat ini adalah Pacuan Kuda Terbanyak dan terbesar jumlah partisipasi Kuda Pacu.

Sudirman DJ membeberkan bahwa sebenarnya Pacuan Kuda ini akan di buka pada tanggal 1 Oktober 2022, namun karna antusias pemilik kuda yang mendaftarkan Kuda Pacu nya diluar perkiraan sehingga di undur jadi tanggal 2 Oktober 2022.

“Ini diluar dugaan kami selaku panitia pelaksana, bayangkan sampai hari ini yang mendaftar 857 ekor kuda sehingga rekan-rekan panitia undur sehari untuk menuntaskan pengukuran dan penentuan rens dan lainnya” ujarnya.

Sudirman DJ yang juga Anggota DPRD Kota Bima 3 Periode ini menyebutkan atas antusias warga pemilik kuda sehingga dirinya menyebutkan pacuan kuda Kota Bima adalah yang terbesar dimasa pemerintahan Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE.

“Dari segi antusias para pendaftar Kuda Pacu, bisa kita simpulkan bahwa Pacuan Kuda Kota Bima dari periode ke periode pemerintahan hanya di Masa pemerintahan Walikota HM Lutfi yang peserta nya hampir seribu kuda” ungkapnya.

Bahkan menurut DJ sapaan akrab Anggota DPRD Kota Bima Fraksi Gerindra ini ada juga pemilik kuda dari pulau lombok yang mendaftar.

“Sampai malam ini ada pemilik kuda dari Lombok tengah yang mendaftarkan kuda nya” ujar DJ.

Mengakhiri wawancaranya, DJ menyebutkan insya Allah dalam pembukaan pacuan Kuda yang digelarnya akan di buka secara langsung oleh Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) pada tanggal 2 Oktober 2022.

Salah seorang Panitia Pelaksana lainnya, M. Fauzy, S. Pt menyebutkan bahwa Pacuan Kuda Kota Bima yang digelar di arena Pacuan Kuda Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima segera dilaksanakan.

Dalam pelaksanaannya, menurut Fauzy akan memberdayakan warga Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima.

“Pemberdayaan yang dimaksud seperti penanganan karcis parkir kendaraan akan dilibatkan langsung pihak Desa Panda” ungkapnya.

Oleh karena itu Menurut Fauzy bahwa hari ini Jum’at 30 September 2022 dirinya melakukan rapat koordinasi dengan Kabag Ops Polres Bima Kompol Herman, SH, Kepala Desa Panda, Bhabinkamtibmas Desa Panda dan Ketua BPD Desa Panda.

“Kami hari ini lakukan rapat koordinasi di ruang kerja pak Kabag Ops Polres Bima untuk memastikan semua kegiatan pacuan kuda berjalan lancar dan aman” ungkapnya.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) yang dikonfirmasi Awak Media Jum’at malam 30 September 2022 menyebutkan Insya Allah akan membuka kegiatan Pacuan Kuda tersebut pada Hari Minggu 2 Oktober 2022.

“Insya Allah nanti kita buka secara langsung kegiatan itu” ujar HML.

Menurutnya Pacuan Kuda Tradisional adalah warisan leluhur yang perlu dilestarikan di era sekarang dan yang akan datang.

Menurut Walikota HML bahwa dengan melestarikan Pacuan Kuda Tradisional ini akan membuat Bima dan tradisi itu menjadi destinasi wisata nasional.

Namun Walikota HML memberikan peringatan pada segenap Panitia agar para juki benar-benar diperlakukan sesuai standar keselamatan sebagimana hasil musyawarah Daerah Pordasi NTB di Mataram.

“Panitia wajib memperhatikan semua ketentuan dan tata aturan terkait urusan juki, bekali mereka dengan peralatan savety yang standar SNI sesuai dengan kesepakatan agar tidak dilanggar regulasinya” ucap Walikota HML. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar