Walikota dan Ketua Dekranasda Kota Bima Hadiri Acara Road Show dan Talk Show Gubernur NTB


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE bersama Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Elly H. M. Lutfi menghadiri Acara Road Show dan Talk Show Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliemansyah, SE., M.Sc digelar di Taman Panda Kabupaten Bima, Kamis (15/09/22).

Walikota Bima didampingi Asisten 1 Setda Kota Bima, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Kepala Dinas Koperindag Kota Bima.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Gubernur NTB, Bupati Bima, Wakil Bupati Bima, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Ketua Dekranasda NTB, Pimpinan OPD Lingkup NTB, Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten dan Kota Bima, Ketua Dekranasda Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kota Bima.

Dalam amanatnya, Gubernur NTB Dr. Zulkifliemansyah, SE., M.Sc, menyampaikan pentingnya dilakukan industrilisasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menurut Gubernur NTB dengan backround pendidikan ekonomi industri ini, industrialisasi bila mampu dilakukan dengan baik akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan ekonomi.

Kata Gubernur, dengan sentuhan teknologi akan mendorong berbagai komoditi unggulan daerah NTB akan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Untuk meningkatkan nilai tambah terhadapberbagai produk lokal daerah NTB disanggah oleh Kab/ Kota tidak lagi menjual berbagai produk yang ada secara mentah namun bagaimana berbagai komoditi tersebut dapat diolah terlebih dahulu sebelum dijual kepasaran," ucapnya.


Lanjutnya, keberpihakan pemerintah untuk menyerap berbagai produk hasil olahan masyarakat NTB perlu dilakukan walau kualitasnya masih rendah namun dihargai dengan harga yang pantas.

Ditambahkannya pula, untuk mendapatkan persepsi yang sama terkait pemanfatan produk atau komoditi lokal oleh berbagai pihak perlu dilakukan sosialisasi secara masif terutama dengan pihak Aparat Penegak Hukum sehingga tidak menjadi temuan.

“Siapa yang akan membuat produk atau komoditi lokal daerah tersebut bernilai dan punya pasar kalau pemerintah dan lainnya tidak ikut mendukung, membeli dan memanfaatkannya," ucapnya.

Diakhir penyampaiannya Dr. Zul mengajak Bupati dan Walikota untuk mendorong berbagai produk atau komoditi unggulan di masing-masing daerah, tidak lagi dijual secara mentah namun bisa diolah terlebih dahulu dengan sentuhan teknologi sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih.

“Berbagai produk atau komoditi daerah hendaknya tidak langsung dijual sebagai bahan mentah namun diolah terlebih dahulu dengan sentuhan teknologi”, ajaknya.

Sementara itu Bupati Bima dalam penyampaiannya menyebut Pemerintah Daerah Kabupaten Bima bersama jajaran terkait sedang berupaya keras agar berbagai produk atau komoditas unggulan daerah dapat dikenal secara luas oleh lapisan masyarakat.

“Dengan berbagai upaya yang dilakukan mendorong produk atau komoditas unggulan daerah bisa bernilai tinggi secara ekonomi sehingga hasilnya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Acara pembukaan berlangsung aman, tertib dan lancar yang kemudian dilanjutkan dengan acara tolk show dengan narasumber Gubernur NTB, Bupati Bima dan Kepala Kantor Karantina Kabupaten Bima yang di moderatori oleh Pimred Suara NTB Agung Talino dan diakhiri dengan photo bersama. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar