RSUP NTB Berkerja Sama Dengan PT. Wina Karya Mulia Rojo Safety


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__
RSUD Provinsi NTB berkerjasama dengan PT. Wina Karya Mulia Rojo Safety (Management and Safety Consulting) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi K3RS “Keselamatan dan kesehatan kerja Rumah Sakit”.

Acara tersebut dibuka langsung oleh dr. Hj Suciati selaku Wakil direktur SDM dan Diklat. Pelaksanaan Pelatihan dan sertifikasi K3RS ini tanggal 27 s/d 30 September 2022 bertempat di Aula Prof. dr. Soewignyo lt 4 RSUD Provinsi NTB. Rabu, (28/09).

Wakil direktur SDM dan Diklat dr. Hj Suciati menyampaikan, total yang mengikuti Pelatihan dan sertifikasi K3RS berjumlah 19 Peserta, Peserta yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi K3RS ini tidak Hanya Wilayah NTB saja, ada juga beberapa dari luar Daerah.

"Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja," ungkapannya.

Sambungnya, Perlindungan merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. K3 juga  bertujuan mencegah, mengurangi risiko kecelakaan kerja (zero accident).

"Penerapan konsep ini tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak biaya (cost) perusahaan, melainkan harus dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa yang akan datang," ujarnya.

Lanjutnya, Banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa K3 juga mendapat posisi yang penting di dunia medis atau pelayanan kesehatan seiring dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1087/MENKES/SK/VIII/2010. 

"Melalui Kemenkes ini telah ditetapkan standar penerapan K3 untuk Rumah Sakit atau disingkat K3RS," pungkasnya. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar