Ciptakan Harkamtibmas yang Kondusif, Polres Bima Gelar Kegiatan Operasional Bulan September 2022


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Dalam rangka meningkatkan kelancaran tugas untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat lewat Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) yang kondusif di Wilayah Hukumnya, Polres Bima Polda NTB melaksanakan Kegiatan Gelar Operasional Bulan September 2022, Senin (12/9) Pukul 09.00 Wita, bertempat di Aula Polres setempat.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, S.I.K., yang didampingi Wakapolres Bima, Kompol Yusuf, Kabag Ops Polres Bima, Kompol Herman, SH, beserta para PJU Polres Bima dan Kapolsek Jajarannya. Senin (12/09/22)

Mengutip Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka, dalam keterangan tertulisnya, menyebutkan, sebagai pemapar awal kegiatan, Kabag Ops Polres Bima, Kompol Herman, SH, menyampaikan terkait data kejahatan/kasus dan perkembangan kamtibmas di Wilkum Polres Bima, serta kasus PMK dan atensi Karhutla di Wilkum Polres Bima

Sementara Kabag Log mengerucutkan atensinya terhadap barang inventaris terutama randis yang tidak sesuai dengan tupoksinya, dan dilanjutkan dengan penyampaikan hambatan dan kendala serta saran dan masukan dari para Kasatker dan Kasi Polres Bima.

Sedangkan para Kapolsek memaparkan situasi di Wilayah Hukumnya masing-masing dan hambatan serta kendala yang ada di lapangan


Usai mendengar penyampaian-penyampaian tersebut, Kapolres Bima mengawali arahan dan atensinya dengan mengajak jajarannya untuk meningkatkan iman dan takwa serta sebagai pemimpin harus bisa menjadi suri teladan.

Selanjutnya, adapun beberapa poin penting yang diarahkan Kapolres Bima :

Pertama, meminta Bagian Logistik, untuk inventaris dinas yaitu berupa randis dan senpi harus disesuaikan dengan peraturan atau SOP yang ada, 

Kedua, Bhabinkamtibmas harus bekerja maksimal, menunjukan kerja dengan ihklas, dan menguatkan komunikasi publik. 

Ketiga, Seksi Humas, agar memperkuat sinergitas dengan awak media, baik media lokal, regional, hingga nasional.

Keempat, meminta agar melakukan tindakan tegas terhadap tindak pidana, sembari menekankan agar jangan sampai ada jajaran Polri yang terlibat dalam tindak pidana.

Kelima, meminta agar tetap menjaga hirarki dalam instansi Polri.

Keenam, meminta para Kapolsek membuat strategi dan pembagian penanganan kasus, dan pengawasan langsung kepada anggota yang menangani kasus.

Ketujuh, meminta jika ada kasus yang bermunculan kembali, untuk penyelesaiannya minimal harus melibatkan Kasikum.

Kedelapan, Bhabinkamtibmas diminta untuk keliling melakukan koordinasi kegiatan kemasyarakatan terhadap kebersihan lingkungan yang ada di desa binaannya, 

“Diharapkan Bhabinkamtibmas di masing-masing desa dapat menjadi inisiator terhadap kegiatan-kegiatan kreatif yang ada di desa binaan.” Imbuh Kapolres, diulas Adib.

Kesembilan, meminta kepada anggotanya agar dalam melaksanakan tugasnya selalu menggunakan pakaian dinas lengkap dan sesuai dengan aturan.

Kesepuluh, meminta Bagian Perencanaan untuk mengevaluasi keperluan dan kegiatan polres dan direvisi untuk rencana ke depannya.

Berikutnya, Kapolres memberikan apresiasinya terkait penyaluran Bansos yang sudah berjalan dan dilaksanakan, baik oleh Polres maupun Polsek Jajaran.

Kegiatan Gelar Operasi Bulan September ini selesai dan ditutup oleh Wakapolres Bima, Pukul 12.30 Wita. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar