Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa Gagalkan Pelajar Hendak Balap Liar


Dompu-NTB, Media Dinamika Global.Id._
Tiga kawanan pelajar SMA di Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu yang hendak melakukan balap liar digagalkan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa setelah kedua aparat tersebut mendapat laporan dari masyarakat. Jumat (9/9/2022) pagi.

Ketiga pelajar tersebut mengambil tempat di jalan raya area persawahan so Doro cumpa, Kelurahan Kandai satu untuk beraksi balap liar, mirisnya hal tersebut dilakukan pada saat jam pelajaran. remaja ini bukannya mengikuti pelajaran saat jam pelajaran berlangsung.

Mendapat laporan dari warga binaannya Bhabinkamtibmas Bripka Heri Kuswanto bersama Babinsa Sertu Amril bergerak cepat menuju lokasi Kemudian mengamankan ketiganya dan membawaanya ke Mapolsek Dompu.

Kapolsek Dompu Ipda Arif Syarifuddin, SH membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi atas pengamanan ketika pelajar yang dimaksud. Pihaknya bahkan memberikan pembinaan dan membuat surat pernyataan.

"Iya benar, ketiga remaja tersebut diamankan oleh Bhabinkamtibmas bersama Babinsa setelah adanya laporan warga teekait adanya aksi balap liar, dan telah kami memberikan sanksi serta dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan apapun yang sifatnya melanggar hukum," kata Kapolsek.

"Hal seperti ini cukup meresahkan warga dan juga berpotensi adanya korban jiwa, oleh karenanya saya berharap para orang tua bisa lebih mengontrol keseharian anak anaknya," harapnya

Sebelumnya, ketiga pelajar itu dilakukan penggeledahan untuk memastikan ketiganya membawa barang-barang yang dapat membahayakan baik diri mereka maupun orang lain dan hasilnya nihil.

"Ketiga pelajar ini terlebih dahulu dilakukan penggeledahan badan, tas dan kendaraannya, tapi tidak ditemukan barang-barang yang membahayakan, dan kami juga memanggil pihak sekolah orang tuanya," tutur Arif.

Lebih lanjut Kapolsek juga berterima kasih pada Bhabinkamtibmasnya yang telah bereaksi cepat atas hal tersebut dan berharap lebih giat lagi mengawasi Kelurahan dan Desa binaannya masing-masing.

Usai diberikan bimbingan dan arahan serta dibuatkan surat pernyataan, ketiga pelajar dimaksud kemudian dikembalikan ke orang tuanya dan pihak sekolah terkait.

Di akhir penyampaiannya, Kapolsek berharap  seluruh lapisan masyarakat jika ada gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di sekitar masing-masing agar segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas agar dapat cepat ditindak lanjuti.

"Babinkamtibmas lebih dekat dengan masyarakat, mereka adalah ujung tombak dalam melakukan deteksi dini terhadap hal hal yang dapat mengganggu Kamtibmas, oleh karenanya saya harap warga bisa secepatnya melaporkan jika ada hal hal yang menganggu instabilitas," pungkas Kapolsek. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar