Peran Yusril Ketum PBB di Balik Penunjukan Afriansyah Noor Jadi Wakil Menaker


Jakarta. Media Dinamika Global. Id. - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022). Seperti dilansir oleh Liputan6.com

Afriansyah mengungkapkan ada komunikasi antara Jokowi dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, sebelum dirinya dilantik. Jokowi menghubungi Yusril Ihza pada Selasa, 14 Juni 2022 malam.

"Ada, Pak Yusril dihubungi Bapak Presiden tadi malam," kata Afriansyah Noor kepada wartawan usai pelantikan, Rabu

Dia mengakui bahwa ada peran Yusril dalam penunjukkan dirinya menjadi Wamenaker. Pasalnya, Yusril mengutus Afriansyah sebagai perawakilan PBB di kabinet.

"Terus Pak Yusril telpon saya dan mengatakan, 'Fer dari PBB saya mengutus anda menjadi Wamen di Kemenaker'," jelasnya.

Afriansyah siap bekerja sama dengan Menaker Ida Fauziyah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Terlebih, Jokowi juga meminta dirinya membantu pekerjaan di Kemenaker.

"Saya harus bersinergi, Ibu Ida sendiri kan dari Partai Kebangkitan Bangsa. Harapannya bisa menjalankan organisasi bersama sama untuk Indonesia," ujar dia.

"Belum ada (target), cuman beliau (Presiden) menyampaikan bantu tugas tugas kementerian," sambung Afriansyah.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada Rabu (15/6/2022). Total ada 2 menteri dan 3 wakil menteri baru yang dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Dua menteri yang dilantik yakni, Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan. Dia mengisi posisi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi yang direshuffle Jokowi.

Kemudian, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara itu, wakil menteri yakni, Sekjen PBB Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Lalu, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.(***)
Load disqus comments

0 comments