Monitoring dan Evaluasi RAD API dan RAD GRK Provinsi NTB


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.--
Subkoordinator Promosi Investasi Industri Ety Hartati, S.Si mengikuti monitoring dan evaluasi Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD API) dan Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD GRK) Provinsi NTB yang dilaksanakan oleh Bappeda bersama konsepsi di Lombok plaza hotel. Kamis 25 Agustus 2022,


Permasalahan perubahan iklim yg terjadi telah berdampak terhadap berubahnya pola hujan, pola tanam, produktivitas tanah pertanian, debit dan sirkulasi air, perubahan iklim dalam bentuk cuaca yg ekstrim ini telah terjadi diberbagai belahan dunia, hal ini harus diantisipasi sejak dini dgn membangun ketangguhan terhadap perubahan iklim. Perubahan iklim terjadi secara langsung ataupun secara tidak langsung dipengaruhi oleh aktivitas manusia yg mempengaruhi komposisi dan konsentrasi emisi gas rumah kaca diatmosfir secara global.

RAD API mencakup analisis ketahanan dan resiko pada sektor Pertanian, sumberdaya air, pesisir dan pulau-pulau kecil serta kesehatan. Keempat sektor tersebut dinilai sektor yang paling terdampak dan juga memegang nilai strategis dalam mempengaruhi dinamika sosial, ekonomi dan kebijakan.

Pemerintahan Provinsi diamanatkan untuk membuat rencana aksi penurunan emisi gas rumah kaca, oleh karenanya setiap OPD diharapkan membuat suatu kegiatan yg mendukung terhadap penurunan emisi GRK.

Untuk Dinas Perindustrian sendiri bisa membuat kegiatan yang mendukung terhadap industri hijau, penggunaan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan dan mengutamakan upaya efektivitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya secara berkelanjutan.

Hal-hal yg perlu disiapkan oleh OPD antara lain, rencana kegiatan yg mendukung RAD API dan GRK serta personil penginput data kegiatan. (Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 komentar