Peringati Besar Islam Isra' Dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 H Di MIN Kota Bima


Kota Bima. Media Dinamika Global-Id.- Pelaksanaan kegiatan Hari Besar Islam (PHBI), Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 H. berjalan dengan lancar dan khidmat. Kegiatan PHBI terlaksana berdasarkan susunan penetapan pada kalender pendidikan tingkat satuan pendidikan MIN Kota Bima yang ditandatangani Kepala Madrasah.(20/07)

Pelaksanaan perayaan Isra' dan Mi'raj dilaksanakan di halaman depan Gedung Kelas Baru dari bantuan Surat Berharga Syariah Negara Tahun 2020 yang lalu. yang diikuti oleh Bapak/Ibu Guru MIN Kota Bima dan seluruh siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6. 

Berdasarkan pantauan awak Media ini kemudian langsung mewawancarai dirumahnya orang tua M. Purdana. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, E. Amryn, mengatakan, "Ada hikmah yang dapat diambil dari peristiwa isra' dan mi'raj, salah satunya, kualitas iman yang ada pada diri kita harus ditingkatkan, karena peristiwa agung itu tidak mampu kita nalar dengan logika ilmu pengetahuan. 

Demikian juga dalam hal kita melaksanakan tugas dan kewajiban, apabila dilaksanakan dengan keyakinan dan keikhlasan maka kita akan mendapat kebahagiaan yang hanya kita sendiri yang merasakan, yang pada akhirnya akan memberi pengaruh pada lingkungan keluarga dan madrasah maupun sosial kemasyarakatan." lanjutnya

 "Harapan besar kita kepada Guru- guru hebat dan siswa-siswi cerdas (smart) bukan saja ilmu pengetauan yang didapatkan di madrasah hebat bermartabat ini, tapi karakter; berintegritas, berkepribadian, bertanggungjawab dan mampu bereksplorasi sosial dalam kehidupannya." 

Kegiatan isra' dan mi'raj dilaksanakan pada hari Jumat, jadwal rutin untuk pelaksanaan pemantapan iman dan taqwa dan literasi Qur'an tingkat satuan pendidikan yang bertepatan pada tanggal. Jum'at 04 Maret 2022. 

Dan pada kegiatan itu pula, petugasnya dari siswa siswi MIN yang dilatih, penceramah, pembawa acara, pembaca doa dan hiburan shalawat dari kelas enam A dan B. yang dibimbing langsung oleh Sry Nahriawaty, S.Pd. ST. Kalisom, S.PdI dan Irma Suryani, S.Ag. 

Profil siswa sebagai penceramah M. Purdana, siswa yang pernah menjadi nominator Nasional sebagai da'i cilik yang diadakan oleh salah satu Badan Hukum Nasional. M. Purdana juga merupakan siswa kelas 5 A yang memiliki pengalaman di bidang tahfidz Al Qur'an, Pensyarahan, tartil Qur'an dan lain-lain. 

Baik itu di tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota/Kabupaten. Dan selalu mendapat juara. Bahkan di bidang akademik, yaitu ISOC masuk 5 besar dan juga pada momen HAB pada Kompetisi Sains Madrasah pada matapelajaran Agama. Materi ceramahnya diberi pemantapan oleh Saifuddin, S.PdI  selaku Wakil Kepala Madrasah, yang mengingatkan sejarah isra' dan mi'raj serta pentingnya shalat. Pungkasnya (MDG 005)

Load disqus comments

0 comments