PENILAIAN LOMBA DESA TK.PROVINSI NTB DI DESA BOKE SAPE.BIMA


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Selasa 12 Juli 2022 Sekitar Pukul 09:30 Wita Kegiatan Seremonial dalam rangka  Penyambutan Ketua Tim Penilai Lomba Desa  (Dr.H.Ashari,SH.MH) bersama Rombongan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB Tiba Di Desa Boke Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB dengan penyambutan yang sangat luar biasa dan meriah oleh Pemerintah Kabupaten Bima, Pemerintah Kecamatan Sape, Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Boke Kecamatan Sape Kab.Bima tepatnya di Gedung Serba Guna (GSG) Desa Boke.



Turut Hadir juga pada kesempatan ini Bupati Bima Hj.Indah Damayanti Putri.SE,Ketua Tim Penilaian Lomba Desa bersama Rombongan Tim Penilai Lomba Desa TK. Provinsi NTB,juga hadir  Anggota DPRD Kab.Bima,Para Camat Se Kab.Bima,Kepala Desa Se Kab.Bima,Ketua PKK Kab.Bima Bersama TP.PKK Se Kec.Sape,Kepala KUA Sape, Kapolsek Sape yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas, Danramil Sape yang diwakili oleh Babinsa Boke, Sekretaris Desa Se Kecamatan Sape, Anggota BPD Se Kecamatan Sape dan juga turut hadir Rekan - rekan Pendamping Desa P3MD Kab.Bima (TA,PD dan PLD),Tokoh Agama,Pemuda,tokoh wanita dan masyarakat Desa Boke.


Bupati Bima Hj.Indah Damayanti Putri.SE dalam Sambutan nya Mengapresiasi dan memuji Kepala Desa Boke atas beberapa prestasi yang pernah di raih yang tentunya ini semua juga menjadi kebanggaan Kita Pemerintah Kabupaten Bima, antara lain pernah Meraih Juara I dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi pada bulan Oktober tahun 2021 dan juga pernah meraih Juara I  Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima pada tahun 2022, dan Pada Tahun ini mewakili dari 191 Desa yang ada di Kabupate Bima dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB, ini semua berkat adanya,Dukungan dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Boke yang menginginkan Desa Boke menjadi Desa Terbaik,Desa Contoh dan Mandiri kedepannya Ungkapnya.

Bupati juga menambahkan untuk memajukan Sebuah Desa itu bukan hanya menjadi Tugas Pemerintah Desa saja,akan tetapi memajukan desa itu harus ada kolaborasi antara pemerintah Daerah,OPD maupun dengan Pihak Ketiga dan masyarakat setempat.


Lomba Desa dapat memacu pemerintah desa untuk menggali dan mengembangkan potensi desa di masa mendatang,juga dapat meningkatkan peran dalam membina dan memberdayakan masyarakat serta mendorong partisipasi masyarakat guna percepatan pembangunan. Pungkasnya.


Kepala DPMD Dukcapil Provinsi NTB, Sekaligus sebagai Ketua Tim Dan Juri Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB menjelaskan setelah 2 tahun vakum, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas DPMPD Dukcapil kembali menggelar event Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB.



Adapun beberapa aspek penilaian lomba desa kali ini ada keterkaitan nya dengan implementasi visi dan misi Pemprov NTB seperti Program Penanganan Kesehatan masyarakat berbasis dusun yang ada di desa melalui Posyandu Keluarga dan pengelolaan Bank Sampah untuk mewujudkan NTB Zero Waste.

Dan Alhamdulillah  Desa Boke Sudah memiliki  Posyandu Terintegrasi dengan Bank Sampah sehingga dengan program prioritas membangun dan melawan kemiskinan dari desa dapat terus di gesa.cetusnya..

Ketua TIM Penilaian Lomba Desa TK.Desa Provinsi NTB juga menambahkan Event ini memiliki tiga kategori penilaian yang merupakan paket komplit, pemerintah desa harus mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program kerja sesuai dengan potensi yang ada di desa dengan tujuan Penyelenggaraan Lomba Desa yaitu untuk mengevaluasi dan menilai sejauhmana pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan Desa dalam menyelenggarakan aspek pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.


Kepala Desa Boke (Rosmansyir.ST) yang merupakan mantan Pendamping Desa Kecamatan Sape ini saat di wawancarai oleh awak media Online mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Tim Pembina dan Penilai Lomba Desa Tingkat Propinsi NTB yang telah melaksanakan tugas nya dengan baik dan mudah mudahan dapat mengantarkan Desa Boke menjadi Desa Contoh bagi desa Desa yang lain.


Pantauan awak media Online Pelaksanaan Kegiatan Verifikasi Faktual Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB di Desa Boke Berjalan dengan lancar,aman dan Sukses.(Arf/MDG.04)

Load disqus comments

0 komentar