Kopa Kaniki Lakukan Kegiatan Festival Panen Raya Di Kec. Sanggar Kab. Bima NTB


Sanggar. Media Dinamika Global. Id. - Kopa Kaniki Lakukan Kegiatan Festival Panen Raya Di Kec. Sanggar Kab. Bima NTB.   Kegiatan Festival Panen Raya dengan Tema Pesta Panen Raya Dalam Pelestarian Budaya Di Era Globalisasi. Kegiatan ini agar Budaya dapat dilestarikan pada Rabu 27 Juli 2022.

Muhammad Danil (Ketua Panitia) menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana KOPA KANIKI SANGGAR, yang di awali Pawai Rimpu dan Alhamdulillah Pawai tersebut dihadiri oleh Dewan Kerajaan Sanggar ayahanda Sanggar Aziz (Putra Mahkota Kerajaan Sanggar). 

Sambungnya Tidak hanya itu saja, kegiatan Festival Panen Raya ini di mulai dari 27 - 30 Juli 2022. Tanggal 27 Pawai Rimpu, 28 dan 29 malam Lomba Tari tingkat SMP & SD Se-Kecamatan Sanggar, 30 malam Pembagian Hadiah Lomba Tari dan Penampilan dari teman-teman KOPA KANIKI SANGGAR serta di isi berbagai persembahan yang menarik dan spektakuler. Ungkapnya


Wira Purdiawan Putra Selaku Ketua Umum KOPA KANIKI SANGGAR mengemukakan, Kegiatan ini adalah langkah awal bagi para generasi muda khususnya generasi Sanggar agar tetap bisa melestarikan budaya yang dimana dalam catatan sejarah Sanggar adalah Kerajaan tersendiri.

Sambungnya, berbagai budaya seperti Bahasa Kore, Mpaa Manca, Tari Ende Ndua, Tari, Peninggalan Artefak Budaya serta masih banyak yang tidak bisa di sebut satu persatu. Hal inilah yang membuat kami ingin mempublikasikan bahwa kami punya budaya, kami punya sejarah sewalaupun dalam catatan sejarah Sanggar ada 3 kerajaan yang hilang waktu amukan Gunung Tambora 1815. Pungkasnya

Sanggar Aziz (Dewan Adat Kerajaan Sanggar) Menyampaikan, Kegiatan yang dilakukan oleh para generasi muda khususnya anak-anak yang tergabung dalam KOPA KANIKI SANGGAR sangat luar biasa. Dengan kreativitas dan inovasinya dalam membangun kegiatan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap nilai kultur budaya sangatlah tinggi.

Lanjutnya, hal ini membuat kami bangga dan akan kami dukung penuh dan siap menyukseskan kegiatan dari anak-anakku KOPA KANIKI SANGGAR.


Sisi lain Bapak Camat Sanggar Ahmad S.H menyampaikan, Suatu kreativitas dan inovasi baru dari anak-anakku KOPA KANIKI SANGGAR yang mampu membangun kegiatan ini, bisa dibilang mampu menyaingi kegiatan tingkat Kabupaten.

Lanjutnya, perlu kita dorong dan apresiasi buat anak-anakku KOPA KANIKI SANGGAR, hal yang seperti inilah yang sebenarnya perlu kita dorong terus. Insya Allah kedepannya akan kita upayakan untuk adek-adek, anak-anakku dari KOPA KANIKI SANGGAR agar tiap tahunnya tetap mengadakan kegiatan ini dan akan kami konfirmasikan kesemua Desa yang ada di Kecamatan Sanggar untuk membantu kelancaran kegiatannya serta akan saya sampaikan kepada Desa untuk cantumkan dalam Musrembang Kegiatan adek-adek KOPA KANIKI SANGGAR ini sewalaupun yang Memotori kegiatan tetap KOPA KANIKI SANGGAR. Pungkasnya


Semoga Kedepannya Kegiatan ini akan lebih meriah lagi. Mari kita dukung terus untuk teman-teman KOPA KANIKI SANGGAR untuk tetap berkegiatan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap nilai kultur Budaya kita. Tutupnya. (MDG Feri)

Load disqus comments

0 comments