Dua Putra Asli Soromandi Mampu Dirikan Perguruan Tinggi Dan Universitas Di Wilayah Indonesia


Soromandi. Media Dinamika Global. Id. - Dua Putra Asli Soromandi Mampu Dirikan Perguruan Tinggi Dan Universitas Di Wilayah Indonesia,yaitu Bapak DR. A.Talib Mansyur,M.Pd. MA. P.Hd dan Bapak Abustam,S.Sos. SH.MH. Beliau Berdua Telah mampu mengukir Sejarah mendirikan berbagai Perguruan Tinggi sebut saja Bapak A.Talib Putra Desa Sampungu kemudian mendirikan 7 Sekolah Tinggi dan yang satu lagi Bapak Abustam yang merupakan Putra Asli Dusun Sarita Desa Punti Kec.Soromandi Kab.Bima NTB yang saat ini sebagai Ketua STIPAR Soromandi Bima.(19/07/2022).

Melalui Wasshapnya Media Ini melakukan Wawancara terkait dengan Keberhasilan dari Seorang Anak Petani Dr. A. Talib  Doktor muda yang berasal dari Desa Terisolisir yaitu Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima NTB yang juga merupakan  Alumni Pendidikan Islam Universitas Ibnu Kholdun Bogor yang banyak membangun perguruan tinggi (PT), dari daerah kelahirannya, Bima Lombok, hingga Kalimantan. Dan Hari ini Perguruan Tinggi ke Tujuh  berhasil dan mendapatkan SK Pendirian  dengan nama Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi Lombok Timur. 

Pendirian Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi di Kabupaten Lombok Timur sesuai dengan Keputusan Menteri (SKM) Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbudristek) Nomor 444/E/O/2021. Surat Keputusan pendirian kampus tersebut di terima langsung oleh Dr. Thalib, MA  selaku Pendiri Institut Teknologi dan Kesehatan Lombok Timur NTB yang di serahkan oleh  Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII pada Hari Selasa, 26 Oktober 2021 jam 09.00 WITA yang bertempat di kantor LLDikti Wilayah VIII, Tembau, Penatih, Denpasar Timur.(26/10/2021).  

Dr. Thalib, MA menyatakan ucapan terima kasih kepada LLDikti Republik Indonesia Wilayah VIII yang telah memberikan izin operasional Institut Teknologi dan Kesehatan Lombok Timur NTB. 

" Institut Teknologi dan Kesehatan Lombok Timur adalah institusi pendidikan ke 7 yang kami bangun, semoga memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat NTB "Ujarnya. 

Institut Teknologi dan Kesehatan Lombok Timur di buka dengan  4 Program Studi  yakni Prodi S1 Teknik Sipil, S1 Teknologi Pangan, S1 Teknologi Informasi dan S1 Administrasi Rumah Sakit. 

Dalam proses pendirian Perguruan Tinggi sudah 7 Perguruan tinggi yang telah di bangun Oleh Dr. A. Thalib, MA. Adapun Lembaga PT pertama yang telah di bangun  Yakni STKIP Harapan Bima dengan SK pendiriannya tanggap 17 Oktober 2004 dengan  Enam  program studi (Prodi). Masing-masing Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Prodi PGSD, Prodi Matematika, Prodi Olahraga, Prodi Pendidikan Vokasional Informatika dan Prodi IPA.

PT kedua, Sekolah Tinggi Ekonomi Syari’ah Harapan Bima NTB, dengan Prodi Ekonomi Syari’ah. Program S1 juga Ini di bawah Yayasan Al Faqih yang berdiri tahun 2008

PT ketiga, dibangun di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz, 11 Desember 2014 dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga ini di bawah Yayasan Fikrun Nisa Karimun yang berdiri tahun 2013.

PT keempat, kampus di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Di bawah Yayasan Al Faqih, di sana dia bangun Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ispini tahun 2017. Prodinya; Manajemen Pendidikan Islam, PGMI/PGSD dan Prodi PIAUD/PAUD. 

PT kelima, Institut Teknologi dan Pendidikan Nusantara Global di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), 2017. Pada 25 Agustus lalu, perguruan tinggi swasta itu dilakukan visitasi pendiriannya oleh Tim Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Pendidikan Tinggi (Dikti).

PT keenam, Institut Elkatarie Lombok Timur (Kemenag), 2017, dengan delapan Prodi. Yakni Prodi PGMI, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Hukum Tatanegara Islam, Prodi Hukum Pidana Islam, Prodi Manajemen Keuangan Syariah dan Prodi Akuntansi Syariah. 

Kemudian  PT yang ke Tujuh yakni Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi di Kabupaten Lombok Timur sesuai dengan Keputusan Menteri (SKM) Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbudristek) Nomor 444/E/O/2021 pada tanggal 26 Oktober 2021 di bawah Yayasan Inspirasi I di buka dengan  4 Program Studi  yakni Prodi S1 Teknik Sipil, S1 Teknologi Pangan, S1 Teknologi Informasi dan& S1 Administrasi Rumah Sakit.

Sementara itu,satu lagi Bapak yang tidak asing lagi dalam Dunia Pendidikan dan Pariwisata Indonesia yaitu Bapak Abustam,S.Sos.SH.MH juga mampu membuktikan diri,dengan Dedikasinya yang sangat kuat meski sangat sulit di terima oleh Masyarakat saat itu tetapi Beliau Mampu Mendirikan Gedung Pertama Perguruan Tinggi yang ada di Pesisir Bagian Utara Soromandi Bima NTB. (Anan MH MDG).
Load disqus comments

0 comments