Wali Kota HML, Perkenalkan Sosok Raja Bima Sebagai Calon Pahlawan Nasional Didepan Anggota DPD RI.


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Dalam sambutannya di acara penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah Asi Mbojo Kota Bima, Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE menceritakan Sultan Muhammad Salahuddin adalah Putra Sultan Ibrahim. Rabu, (08/06/22)

"Beliau punya peran sebagai pendiri dana Mbojo. Beliau juga sebagai Raja Bima yang punya sejarah perjuangan mepersatukan Rakyat Indonesia,” pungkas HML.

Diceritakannya, dia berkuasa pada tahun 1915 dan mengubah keadaan Politik dan Pemerintahan. Selama Pemerintahannya, ia mendirikan sekolah Islam di Raba dan Kampo Suntu. Selain itu, Masjid-masjid didirikan di tiap Desa dalam Wilayah Kesultanan Bima.

Sultan Muhammad Salahuddin juga mendirikan peradilan urusan agama yang disebut Badan Hukum Syara. Ia juga mulai melepaskan pengaruh Hindia Belanda di kesultanannya dengan melakukan peperangan dan mendirikan berbagai organisasi yang memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Dirinya memohon dukungan dari masyarakat  dan Anggota DPD RI agar ikut memperjuangkan Raja Bima sebagai  Pahlawan Nasional.

"Dana Mbojo  kini menjadi Daerah besar, Sosok Raja Bima juga merupakan panglima besar Kerajaan Bima sejak Sultan Bima pertama Kedua hingga Sultan Bima Keempat. Begitu besar jasa beliau pada Dana Mbojo dan nama beliau,” pungkasnya.

Dia menambahkan, Daerah Bima bakal mengajukan Raja Bima sebagai calon pahlawan nasional. Wali Kota Bima dan Bupati Bima  bakal menyurati Gubernur untuk memohon dukungan. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar